Makanan Berformalin Beredar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Makanan Berformalin Beredar

Makanan Berformalin Beredar

Written By Mang Raka on Rabu, 15 Juni 2016 | 15.00.00

KARAWANG,RAKA - Selama bulan ramadan sudah dilakukan sidak di empat lokasi pasar tradisional di Karawang, dan salah satunya Pasar Johar. Di pasar itu ditemukan mie basah, ikan asin dan tahu kuning yang mengandung formalin, selain cingcau dan sekoteng yang dicampur borak dan pewaarna tekstil.

Hal itu diungkapkan Kasubid Keamanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Karawang, H.Hidayat, kemarin. Dikatakannya, selain pasar Johar di Pasar Baru juga ditemukan makanan berformalin untuk Mie basah berformalin, tahu putih bantal berformalin, tahu kuning Bandung juga mengandung formalin. "Dari dua pasar yang berada di kota Karawang, ternyata peredaran makanan berformalin cukup tinggi," terangnya.
Ditambahkannya, termasuk di pasar Lemah Abang dan Pasar Cilamaya Wetan banyak ditemukan beras menggunakan pemutih, mie berformalin, krupuk berwarna ping yang menggunakan pewarna tekstil serta ayam berformalin. "Didua tempat tidak luput ditemukan makan berformalin termasuk daging ayam," kata Hidayat.
Dikatakannya, Badan Ketahanan Pangan dalam hal ini melibatkan dinkes, disperindag, Pol PP akan terus melakukan pemeriksaan makanan yang beredar di Karawang. "Sasaran kita pasar tradisonal akan dilakukan pemeriksaan makanan selama ramadan ini," katanya.
Saat dimintai keterangan tindak lanjut temuan ini, dia mengatakan hasilnya akan dibawa dalam rapat OPD terkait. Disana akan ada keputusan, namun secara kewenangan memang sejauh ini masih sifatnya peringatan dan himbauan untuk tidak menjual barang - barang tersebut kembali. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template