Limbah Rumah Tangga Cemari Sungai Mekarsari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Limbah Rumah Tangga Cemari Sungai Mekarsari

Limbah Rumah Tangga Cemari Sungai Mekarsari

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Juni 2016 | 16.00.00

JATISARI, RAKA - Sungai Mekarsari Jatisari kotor dan tercemar akibat tumpukan limbah sampah rumah tangga. Warga setempat meminta kepada PJT II Tarum Timur dan dinas terkait, untuk membersihkan sampah-sampah yang memenuhi aliran Sungai Mekarsari.
Menurut Herudin (44) warga Karajan I RT 03/01 Mekarsari, tumpukan sampah tersebut mengakibatkan warga tidak nyaman. Pasalnya, aliran sungai atau Kaliwaru itu untuk kepentingan pertanian beberapa desa, diantaranya wilayah pertanian Desa Mekarsari, Desa Telarsari dan Desa Pacing. Aliran air Kaliwaru ini berasal dari Bendungan Barugbug, yang melintasi tiga desa diantaranya Desa Situdam, Jatisari dan Mekarsari. "Sudah lama banyaknya tumpukan sampah di sungai itu. Sepertinya pihak terkait atau dinas membiarkan adanya tumpukan sampah di Kaliwaru Mekarsari," ujarnya.
Hal senada disampaikan tokoh pemuda Desa Mekarsari Fitra Idam Kholid (33), banyaknya tumpukan sampah di Kaliwaru, bukan hanya dari warga Desa Mekarsari saja, melainkan dari warga wilayah desa lain. "Saya kira bukan hanya warga sekitar yang membuang sampah itu di Kaliwaru tersebut. Pasti warga tiga desa pun ikut andil buang sampah ke Kaliwaru," katanya.
Pada saat musim penghujan, air Kaliwaru dan tumpukan sampah itu naik ke pemukiman warga yang berada di sepanjang bantaran Kaliwaru Mekarsari. Fitra meminta agar dinas terkait jangan tutup mata melihat banyaknya sampah di sungai atau Kaliwaru Mekarsari. Karena banyaknya tumpukan sampah itu selain menggangu aliran sungai, mengganggu kebersihan dan kesehatan lingkungan juga. "Akan mengganggu kesehatan dan kebersihan lingkungan, dengan banyaknya tumpukan sampah di Kaliwaru itu," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template