Libatkan Masyarakat Antisipasi Kenakalan Pelajar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Libatkan Masyarakat Antisipasi Kenakalan Pelajar

Libatkan Masyarakat Antisipasi Kenakalan Pelajar

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Juni 2016 | 13.30.00

PANGKALAN, RAKA - Saat ini tingkat kenakalan remaja cukup memperihatinkan, terutama di tingkat pelajar. Karenanya dibutuhkan pencegahaan dengan melibatkan semua elemen masyarakat agar bisa mengantisipasi persoalan tersebut.

"Pelajar merupakan remaja usia produktif dan rawan terpengaruhi. Karenanya, perlu adanya inisiasi yang positif agar tidak mudah terprovokasi oleh unsur-unsur dari luar lingkungannya," ucap Uday suyana.S.Pem, pemerhati masalah pendidikan yang juga tokoh masyarakat Desa Kutalanggeng, kemarin (17/6).
Menurut dia, untuk mengarahkan pelajar kepada tindakan-tindakan positif perlu skema atau wacana serta konsep yang aktual agar ada tindakan reprensif sehingga pelajar akan berpikir dua kali jika akan melakukan kesalahan yang mereka anggap biasa, padahal itu akan membuat mereka terjerumus pada kesalahan besar. "Tindakan yang nyata dan perlu adanya dampingan dari pemerintah terkait cukup besar peranannya untuk pencegahannya. Berlakukan jam belajar pukul 7.00 WIB - pukul 01.00 WIB. Adapun teknis pelaksanaannya libatkan masyarakat yang berkompeten, dinas pendidikan, muspika serta aparatur penegak hukum, supaya program berlangsung sinergis," tandasnya.
Sementara, saat ini implementasi anggaran bisa diadakan rapat dengar pendapat antara pemerintah daerah dan pemerintahan dibawahnya. Seperti ditingkat desa, agar mereka pun bisa mewujudkan para pelajar yang berkualitas dan mampu meningkan rasa disiplin yang tinggi serta bermartabat. Sementara tingkat kerawanan disiplin saat ini memang dari usia produktif ada ditingkat pelajar SLTA. "Saya yakin, permasalahan sosial yang dinamis jika ada pencegahan nyata dari semua stageholder, akan berimbas kepada mutu manusia ke depannya. Itu serius, coba kita ibaratkan tanaman jika kita memupuknya dengan baik, pohon tersebut akan membuahkan hasil yang baik pula, seperti itu lah implementasi aktualnya terhadap manusia," tandasnya.
Hal yang sama pun dikatakan, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tegalwaru, H.Asep Suprayogi.Spd.MM, dirinya menyambut baik konsep tersebut, akan tetapi dia pun perlu membahasnya di dinas agar mwngetahui secara jelas konsep yang dimuat dan aturan mainnya seperti apa. "Saya menyambut baik tentang usulan tersebut, akan tetapi saya perlu koordinasi dengan dinas agar diketahui dengan jelas. Pencegahan akan lebih efektif jika disambut baik oleh semua pengambil kebijakan, dan sinergisnya akan berdampak baik," ujarnya.
Sementara di tempat terpisah, Sekertaris Kecamatan Tegalwaru, Udin Samsudin.SH, menyatakan, muspika akan siap membantu mewujudkan akan tetapi diharapkan semua bisa terlibat didalamnya dan perlu adanya persentasi yang jelas agar ada parameternya serta di restui oleh muspida. "Secara Pribadi saya setuju dengan konsep yang di utarakan, namun akan lebih elegan jika semua elemen membantu dengan menggagasnya bersama-sama agar muspida pun merestui kegiatan positif tersebut," pungkasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template