Laporkan Pindo Deli 3 ke Menteri Lingkungan Hidup - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Laporkan Pindo Deli 3 ke Menteri Lingkungan Hidup

Laporkan Pindo Deli 3 ke Menteri Lingkungan Hidup

Written By Mang Raka on Jumat, 17 Juni 2016 | 19.33.00

-Jika Masih Cemari Cibeet

KARAWANG, RAKA - Pencemaran air Sungai cibeet yang disalurkan dari pembuangan air limbah PT Pindo Deli 3, terus menjadi perhatian masyarakat. Terutama masyarakat di sepanjang aliran sungai yang bermuara ke Sungai Citarum tersebut.
Belum lama ini, sejumlah aktivis menyerahkan sampel air limbah yang diserahkan kepada Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Karawang. Soal pencemaran Sungai Cibeet tersebut, Ketua Komisi C DPRD Karawang Elievia Khrissiana mengatakan, pihaknya termasuk BPLH Karawang sudah melakukan pertemuan belum lama ini.
Menurutnya, hasil pertemuan tersebut sudah jelas. Pihak Pindo Deli 3 akan melakukan upaya-upaya perbaikan terkait aliran limbah yang masuk Sungai Cibeet. "Kita sudah berikan waktu tiga puluh hari, jika melanggar akan dikenakan sanksi," katanya kepada Radar Karawang, Kamis (16/6).
Ditambahkannya, harusnya Komisi C melakukan sidak bersama BPLH Karawang, Rabu (15/6) lalu, namun karena ada agenda ekspose  Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sidak hanya dilakukan BPLH Karawang. "Hari ini (kemarin) kita baru dapat laporan secara lisan, untuk hasil akan dikirim BPLH secepatnya," kata Elievia di sela-sela hearing bersama mitra Komisi C, kemarin.
Kepala Bidang Wasdal BPLH Karawang Mahpudin mengatakan, pihaknya telah memantau secara langsung progres pembenahan saluran pembuangan air limbah dari Pindo Deli 3 ke Sungai Cibeet. "Setelah dilakukan pengecekan, saat ini memang sedang dalam pengerjaan. Dan saat ini mereka sudah tidak membuang lagi air limbah ke Sungai Cibeet, selama belum dinyatakan benar oleh tim," ungkapnya.
Dikatakannya, sebenarnya sanksi dengan kasus serupa yang dilakukan Pindo Deli 3 baru saja dicabut, namun berbeda lokasi. "Jika memang ada lagi pelanggaran, BPLH akan bertindak tegas," ancamnya.
Kepala BPLH Karawang Setya Dharma menambahkan, pihaknya akan melaporkan hal ini kepada Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana untuk menindaklanjutinya, dengan melaporkan perusahaan tersebut kepada Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Agar terjun langsung dan menghitung kerugian akibat pencemaran yang berasal dari Pindo Deli 3. "Biar Kementerian LH yang akan menindak jika Pindo Deli melanggar. Karena BPLH Karawang sendiri tahun lalu sudah memberikan sanksi. Dan saat ini tengah terus mengawasi kesanggupan Pindo Deli 3, memperbaiki sistem pembuangan limbah yang ada saat ini," jelasnya.
Soal keberaniannya menutup Pindo Deli 3, Setya mengatakan, sejauh ini memang terus menjadi kajian. Dia berdalih, pihaknya masih memikirkan hal lain terkait tenaga kerja, karena yang bekerja di sana banyak warga Karawang. "Jika ada penutupan total, nasib mereka (warga Karawang) yang bekerja perlu dipikirkan," ungkapnya. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template