Kenakalan Siswa Dipicu Acuhnya Orangtua - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kenakalan Siswa Dipicu Acuhnya Orangtua

Kenakalan Siswa Dipicu Acuhnya Orangtua

Written By Mang Raka on Sabtu, 25 Juni 2016 | 16.00.00

KUTAWALUYA, RAKA - Dominasi kenakalan remaja yang terjadi belakang ini ternyata memiliki benang merah dengan kondisi keluarga masing-masing siswa. Diantaranya ialah broken home atau perceraian dan kurangnya perhatian para orangtua kepada sang anak. Jika ditelisik, orangtua cenderung mengandalkan pendidikan formal di sekolahan untuk mendidik sehingga mengesampingkan peran sentral mereka sebagai suri tauladan yang nyata membimbing anak-anak.
Seperti yang dikatakan Fadila Hafizah Muntaha mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik kepada RAKA mengatakan, untuk meminimalisir kenakalan remaja, tidak hanya dibutuhkan pengarahan mengenai budi pekerti dari pendidikan formal saja. Akan tetapi dibutuhkan juga pendidikan informal, dimana pihak orang tua murid memiliki peran sangat besar. "Karena, kegiatan di sekolah itu hanya beberapa jam saja, dan selebih itu berada di rumah. Jadi disini peranan orang tua lebih banyak dan sangat di perlukan," ujar Dila.
Masih kata dia, untuk mengantisipasi adanya kegiatan yang menjurus ke amoral di lingkungan pelajar, harus ada kerjasama antara lingkungan, orang tua, dan guru, untuk mencegah perilaku yang menyimpang. Perlu diadakannya kegiatan-kegiatan yang mengandung keagamaan serta, memberikan hal yang positif. Kemajuan teknologi seperti internet dan lain sebagainya, itu juga sangat mempengaruhi adanya penyimpangan moral para pelajar. "Dalam hal ini kita harus lebih jeli kembali dalam melihat perkembangan psikologi anak dalam lingkungan dan pergaulannya sehari-hari. Mengingat, dengan meningkatnya teknologi saat ini, membuat anak mampu untuk mengakses segala hal yang ia inginkan, bahkan tidak jarang, para pelajar yang berlaku tak baik akibat dari disalahgunakannya teknologi," paparnya.
Komunikasi antara guru dan para orang tua murid harus berkesinambungan dalam melakukan deteksi dini serta pencegahan adanya kenakalan ditataran para pelajar ini. Pasalnya dengan melakukan kerjasama yang solid dan konsisten serta peduli lingkungan dari beberapa pihak terkait, seperti RT, RW, hingga pihak kepolisian, dalam mengatasi adanya hal tersebut. "Jika, hal itu dilakukan secara maksimal dan konsisten. maka saya yakin kenakalan remaja tersebut mampu diatasi," pungkasnya. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template