Keluarga PRT Dapat Santunan Kematian dari BPJS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Keluarga PRT Dapat Santunan Kematian dari BPJS

Keluarga PRT Dapat Santunan Kematian dari BPJS

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Juni 2016 | 17.00.00

KARAWANG, RAKA - Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara resmi memberikan santunan bagi keluarga Pekerja Rumah Tangga (PRT) Mamah Sulamah, sebesar Rp 26.691.220, Selasa(14/6).
Mamah Salamah tercatat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan Karawang yang berprofesi PRT sejak 2011. Kepala Bidang Pemasaran Bukan Penerima Upah (BPU) BPJS Ketenagakerjaan Karawang Zeddy Agusdien mengatakan, santunan kematian ini terdiri dari jaminan kematian sebesar Rp 19.2000.000, santunan berkala Rp 4.800.000 dan JH Rp 2.691.220. "Jadi Mamah Salamah menerima Rp 26.691.220 yang diterima langsung keluarga, dalam hal ini diwakili suami Nono Haryono," ungkap Zeddy kepada Radar Karawang, Rabu (15/6).
Ia melanjutkan, seluruh pekerja Indonesia berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial, baik ketenagakerjaan maupun kesehatan. Sesuai dengan amanah UU Nomor 24/2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, tanpa terkecuali Pekerja Rumah Tangga (PRT). Secara tersurat pekerja PRT belum ada di UU BPJS maupun UU Naker, tetapi mereka adalah pekerja yang wajib mendapatkan perhatian serius terkait perlindungan sosial. "Untuk kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan Karawang memang belum banyak dari PRT. Mudah-mudahan kedepan banyak majikan yang peduli untuk memasukan PRT jadi peserta," ungkapnya.
Ia menegaskan, PRT semestinya didaftarkan dan dibayarkan BPJS Ketenagakerjaannya oleh majikan sebagai pemberi kerja, karena mereka yang melayani para majikan mulai dari bangun pagi, sampai tengah malam sebelum majikan tidur. Dan mereka ini memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.
Namun dirinya menyarankan apabila majikan belum mau mendaftarkan para Pekerja rumah tangganya, pekerja PRT bisa mendaftarkan dirinya secara mandiri dengan mendatangi kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, dengan membawa persyaratan, yaitu dengan menunjukan KTP. "Peserta BPJS Ketenagakerjaan cukup membayar Rp 16.800 per bulannya, dengan manfaat yang bisa dirasakan," ungkapnya.
Sementara itu, Nono Haryono mengaku kalau santunan ini sangat membantu dalam biaya almarhumah istrinya. "Alhamdulillah sangat membantu untuk pemakaman istri. Jika ada lebihnya untuk modal keluarga kedepan pasca ditinggal almarhumah," kata Nono.(dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template