Kebutuhan Daran PMI per Bulan Capan 1800 Kantong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kebutuhan Daran PMI per Bulan Capan 1800 Kantong

Kebutuhan Daran PMI per Bulan Capan 1800 Kantong

Written By Mang Raka on Sabtu, 04 Juni 2016 | 12.00.00

Kebutuhan darah Palang Merah Indonesia (PMI) per hari tidak kurang dari 1500 sampai 1800 kantong darah. Kebutuhan darah tersebut, terpenuhi dari para pendonor. Hanya saja, saat Ramadan nanti, tren donor darah menurun. Oleh karena itu, untuk memenuhi stok darah saat Ramadan hingga Idul Fitri, PMI Karawang gencar mencari pendonor salah satu bekerja sama dengan perusahaan.
Kepala Manajemen Mutu PMI Karawang Dr Julian mengatakan, tren donor darah saat Ramadan hingga Idul Fitri menurun. Oleh karena itu, pihaknya gencar melakukan pencari pendonor dan melakukan kerja sama dengan perusahaan untuk mengadakan kegiatan donor darah. "Saat ini kami melakukan kerja sama dengan PT Bridgestone Tire Indonesia. Ini bagus, untuk menutup stok kebutuhan darah saat puasa. Karena, kalau Ramadan pendonor itu berkurang, sementara kebutuhan darah tetap antara 1500 sampai 1800 kantong per bulan. Jadi ini salah satu solusinya untuk menutupi kebutuhan itu," katanya, pada RAKA, kemarin.
Diteruskannya, stok darah sampai pertengahan Juni ini masih aman. Namun, untuk pertengahan Juni sampai Idul Fitri, masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, dia mengimbau pada masyarakat, jangan ragu untuk donor darah meskipun dalam keadaan puasa. "Puasa juga boleh donor. Tinggal nanti waktunya di geser aja, dekat ke buka puasa atau sebelum sahur. Karena takutnya lemas nanti darahnya diambil. Donor darah bagus untuk kesehatan," paparnya.
Di tempat yang sama, HR dan GA PT Bridgestone Tire Indonesia H Urip Makhfudh mengatakan, kegiatan donor darah sudah rutin dilaksanakan setiap tahun, pertahun dilaksanakan dua kali. Pesertanya dari seluruh karyawan. Dia melihat, banyak manfaat untuk kesehatan karyawan sehingga berimbas positif terhadap kinerja mereka di perusahaan. "Kami tak memaksa, tapi sukarela dan antusias karyawan juga bagus. Dengan donor darah ini, kesehatan karyawan jadi terjaga, sehingga kinerjanya juga bisa bagus," paparnya.
Sementara itu, penanggung jawab kegiatan Hendra Purnama mengatakan, donor darah ini merupakan yang ke-13 kalinya digelar dan akan terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang. Target kantong darah yang terkumpul adalah 500 kantong. "Kalau yang daftar bisa nyampe 600 orang, tapi kan gak semuanya bisa donor, nanti kesehatannya diperiksa dulu. Kami menargetkan sampai 500 kantong. Insya Allah kami istiqomah dengan donor darah ini dan akan dijadikan program tetap," pungkasnya. (asy)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template