Jumlah Penderita Ispa Masih Tinggi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jumlah Penderita Ispa Masih Tinggi

Jumlah Penderita Ispa Masih Tinggi

Written By Mang Raka on Jumat, 10 Juni 2016 | 13.30.00

PURWASARI, RAKA – Jumlah penderita inspeksi saluran pernapasan akut (Ispa) masih tinggi di Kecamatan Purwasari. Terhitung sejak Januari hingga Mei angka penderita Ispa masih diatas 200 orang. Masyarakat yang terkena ispa diduga akibat polusi udara dari kawasan pabrik yang berada diwilayahnya tersebut.

“Sebetulnya jika dihitung jumlah sejak Januari hingga Mei mengalami penurunan walaupun penyakit tersebut masih dalam urutan tertinggi dari sepuluh jenis penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit terbanyak yang diderita warga," ucap Kepala Puskesmas Purwasari, Dr. Iin Indriati, ketika RAKA menemuinya di ruang kerjanya, kemarin.
Iin sendiri pun tidak menampik ketika RAKA menyinggung penyebab tingginya jumlah pederita ISPA dikarenakan salah satunya, polusi udara dari kawasan pabrik yang berada diwilayah Kecematan Purwasari. Hal ini pun dikatakan dia, masyarakat yang berada tidak jauh dari wilayah pabrik akan sangat mudah terserang sesak napas (ispa). “Polusi udara penyebab paling potensial penyebab ispa, terutama masyarakat yang pemukimannya dekat dengan pabrik," ujarnya.
Karenanya, Iin mengingatkan agar pihak perusahaan harus benar-benar mengoptimalkan dana CSR agar lebih bisa berperan membantu meningkatkan kesehatan masyarakat. Tidak hanya itu, dia menuturkan, bertambahnya volume kendaraan yang saat ini kian memadati wilayah Kabupaten Karawang turut menyumbang terjadinya polutan. Hal itu dapat menjadikan masyarakat yang berada disekitarnya akan terganggu kesehatannya.
Maka itu, sambung dia, diharapkan adanya pengontrolan dari pemerintah daerah terhadap volume kendaraan yang saat saat ini kian banyak. “Polusi udara dari asap kendaraan pun, bisa masuk akan menjadikan masyarakat terkena ispa, makanya harus ada pengontrol dalam menambah kendaraan. Jangan sampai, kendaraan terus bertambah, kesehatan masyarakat dilupakan,” ucapya.
Kendati demikian, sambung dia, meski dalam perbulan jumlah warga yang menderita Ispa masih diatas 200 orang perbulannya. Hal ini masih terus dilakukan upaya Pihak puskesmas untuk terus menekan jumlah penderita penyakit ispa yang sampai saat ini masih menjadi urutan tertinggi dari 10 peyakit terbesar yang ada dibidang kesehatan.  “Bulan Jaunari saja, jumlah penderita penyakit ispa 264 orang, dan terakhir di bulan Mei mencapai 239. Ini pun sudah kami lakukan sebaik mungkin, agar jumlah yang terkena ispa tiap bulannya, terus menurun,” tandasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template