Jelang Ramadan Belum Ada Sidak dan Operasi Pasar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jelang Ramadan Belum Ada Sidak dan Operasi Pasar

Jelang Ramadan Belum Ada Sidak dan Operasi Pasar

Written By Mang Raka on Sabtu, 04 Juni 2016 | 12.30.00

LEMAHABANG, RAKA- Harga sejumlah kebutuhan pokok mulai merangkak naik seminggu terakhir menjelang masuknya bulan suci Ramadan. Sayangnya, hingga kini belum ada tanda-tanda bakal digelarnya operasi pasar dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Pun demikian halnya dengan Komisi B DPRD Karawang yang tidak melakukan sidak kebutuhan pokok. Parahnya lagi, Dinas Pertanian justru terkesan berdiam diri dan belum melakukan pengecekan perihal kualitas bahan pokok seperti daging sapi dan ayam.
Kata anggota Komis B DPRD Karawang Mulya Syafari saat disinggung RAKA perihal kapan akan melakukan sidak, sejauh ini lembaga ini memang belum mau sidak meskipun harga-harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik jelang puasa.
Dirinya juga tidak mengerti, mengapa Disperindag tidak sigap menyiapkan operasi pasar guna menekan harga agar lebih stabil. "Gak tahu kenapa mah, kita juga gak sidak, padahal harga mulai naik sih," tandas dia.
Sementara itu harga Daging sapi yang mulai tembus Rp 120-130 ribu perkilogram dimana sebelumnya Rp 90-110 ribu perkilogram juga luput dari pemeriksaan kesehatan Dinas Pertanian.
Dikatakan Kesmavet dokter hewan Dinas Pertanian Karawang dr Sugiharto bahwa tidak ada persiapan pemeriksaan hewan terutama daging sapi seperti menjelang Idul Adha. Sebab ketika Ramadan, dititikberatkan pada ketersediaan daging. "Tidak ada persiapan apapun jelang Ramadan. Lebih pada fokus memenuhi ketersediaan daging saja," tandas dia.
Dari sisi kesehatan, Kasubag TU UPTD Puskesmas Lemahabang Anwar Sanusi menyebut pemeriksaan kesehatan dan kelayakan daging sapi maupun ayam jelang puasa bukanlah wewenangnya. Menurut dia, itu domainnya Dinas Pertanian. Seharusnya kedua dinas ini bisa bekerjasama. Termasuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa daging yang disimpan dalam lemari es proteinnya lebih kecil dari daging segar. "Harusnya dikerjasamakan, kita juga repot kalau yang dikonsumsi masyarakat selama puasa ini nantinya tidak sehat," tandas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template