Jelang Puasa, Pasar Beroperasi Sampai Sore Hari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jelang Puasa, Pasar Beroperasi Sampai Sore Hari

Jelang Puasa, Pasar Beroperasi Sampai Sore Hari

Written By Mang Raka on Senin, 06 Juni 2016 | 14.00.00

LEMAHABANG, RAKA - Tradisi munggahan atau jelang masuknya bulan Ramadan, dimanfaatkan mmasyarakat untuk belanja seabreg kebutuhan. Tak ayal, pusat-pusat perbelanjaan ramai sedari pagi hingga sore hari.
Sejumlah lapak di pasar yang biasa tutup saat pukul tiga sore ini masih ramai dikunjungi para pembeli. Seperti yang nampak di Pasar Lemahabang, Telagasari maupun Cilamaya pada Minggu sore
Salah seorang pedagang Pasar Wadas, Warman mengatakan, tradisi munggah jelang puasa membawa berkah tersendiri bagi para pedagang. Banyak masyarakat berburu panganan kebutuhan dapur untuk persiapan sahur dan buka puasa di hari pertama. Harga sembako yang merangkak pun tidak menjadi hambatan para pembeli mendatangi pusat-pusat belanja. "Harga mulai naik, itu wajar karena permintaan banyak. Momen munggahan seperti ini, harga yang naik sudah bukan lagi menjadi hambatan bagi masyarakat untuk berbelanja," katanya.
Lebih jauh Warman menambahkan, pedagang sepertinya sengaja menambah stok kebutuhan dapur di hari munggahan dari pengepul. Sebab, mereka mengetahui, permintaannya meningkat.
Bahkan, H-2 puasa, pihaknya membuka lapak lebih lama hingga sore hari. Sebab, masyarakat masih banyak yang datang ke pasar. Ia merinci, kenaikan harga saat ini berlaku untuk cabe merah yang sudah mencapai Rp 40 ribu, telur Rp 23 ribu, bawang Rp 29 ribu perkilogramnya. "Alhamdulillah laku," ujarnya.
Salah seorang pengunjung, Sita (28) mengatakan, dirinya berbelanja untuk kebutuhan dapur di hari pertama puasa. Disamping sudah menjadi tradisi munggahan turun temurun. Dirinya memaklumi, jika sejumlah harga kebutuhan pokok naik saat munggahan, karena memang sudah menjadi hukum ekonomi. "Ya belanja di hari pertama puasalah," ungkapnya. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template