Jamban di Irigasi Makin Banyak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jamban di Irigasi Makin Banyak

Jamban di Irigasi Makin Banyak

Written By Mang Raka on Jumat, 24 Juni 2016 | 13.00.00

-Gerakan Sadar Jamban Gagal

RENGASDENGKLOK,RAKA- Meski sudah banyak toilet di rumah, namun kebiasaan berak di kali ataupun di sawah belum sepenuhnya dihilangkan warga di pedesaan. Padahal, kebiasaan tersebut bisa menimbulkan penyakit.
"Memang, sekarang masih ada warga yang buang air besar di sawah ataupun di sungai. Terutama masyarakat yang ada di kampung-kampung," kata salah seorang warga Rengasdengklok, Rudi (30), pada RAKA, Senin (9/3) kemarin.
Rudi menduga, perilaku tersebut sulit dihilangkan karena sudah menjadi kebiasaan. Padahal, tak sedikit warga yang sudah memiliki kakus di rumahnya masing-masing. "Atau mungkin juga lagi tanggung, ketika di sawah jauh kemana-mana, jadi berak di tengah sawah. Pastinya, kebiasaan seperti ini perlu dihilangkan dan pemerintah harus terus mensosialisasikan pola hidup sehat," ungkapnya.
Praktisi kesehatan asal Karawang Lita Triana Kemalawati mengatakan saat ini banyak pasien yang berobat ke puskesmas mengeluhkan penyakit Ispa dan tipes. Menurut dia, musim hujan yang hampir setiap hari mengguyur wilayah Rengasdengklok dan cuaca terik pada siang hari, juga membuat masyarakat rentan terkena penyakit diare dan demam berdarah.
Ia menyebutkan, penyakit-penyakit tersebut, selain disebabkan oleh bakteri atau binatang, juga disebabkan oleh masyarakat yang tidak memperhatikan lingkungan. "Pola kebiasaan masyarakat seperti buang air besar sembarangan di kali atau di sawah, menimbulkan berbagai penyakit seperti diare dan kolera," tutur Lita
Agar persoalan tersebut bisa diatasi, menurut Lita, harus ada kerjasama dari berbagai pihak, seperti pemerintah desa dan kecamatan untuk mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat. "Nanti harus dicarikan solusi untuk penanganan masalah ini," katanya. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template