Jalan Baru Berbahaya bagi Pemudik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalan Baru Berbahaya bagi Pemudik

Jalan Baru Berbahaya bagi Pemudik

Written By Mang Raka on Rabu, 15 Juni 2016 | 17.00.00

*Pemprop Jabar Anggarkan Rp 1,1 Triliun Untuk Perbaikan Jalan

KARAWANG, RAKA - Selain Jalan Interchange Karawang Barat, jalur utama mudik lainnya yakni Jalan Lingkar Tanjungpura (Jalan Baru), saat ini kondisinya amat berbahaya untuk dilintasi. Sementara musim mudik kurang dari empat hari lagi. Jika tidak segera diperbaiki dikhawatirkan di dua ruas jalan itu Karawang akan memanen korban kecelakaan mudik.

Terkait itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Karawang, Acep Jamhuri, kemarin, mengatakan untuk perbaikan jalan nasional yang rusak pihaknya masih melakukan kordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Ada sejumlah titik jalan nasional yang rusak dan butuh perbaikan segera sebelum arus mudik. Titik jalan yang rusak sudah dilaporkan ke kementerian dan sudah diusulkan untuk segera di perbaiki. "Kita akan membahas ini dengan stakeholder yang ada mengenai jalan nasional yang rusak. Minggu ini sudah ada kepastian hingga bisa langsung diperbaiki agar bisa digunakan untuk mudik lebaran," katanya.
Mengenai kesiapan jalur mudik untuk kendaraan roda dua, Acep mengatakan jalur alternatif Cikalong - Cilamaya akan selesai perbaikan 19 Juni ini. Jalur tersebut paling padat dan sering terjadi kemacetan parah saat puncak mudik lebaran. Untuk itu, Pemkab Karawang memprioritaskan jalur Cikalong - Cilamaya diperbaiki segera. "Khusus jalur alternatif roda dua kita memang lebih fokus karena volume kendaraan sangat tinggi makanya jalur ini dipastikan bakal mulus," kata Acep.
Sementara, sehari sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memastikan akan segera melakukan perbaikan seluruh jalan propinsi sebelum arus mudik lebaran nanti. Ia menyebutkan, pemprop telah  menganggarkan Rp 1,1 triliun untuk perbaikan jalan tersebut. "Saya pastikan sebelum musim arus mudik seluruh jalan propinsi sudah selesai dan mulus semua," tandasnya.
Ahmad Hermawan atau biasa disebut Aher ini mengatakan jalan propinsi yang rusak di Karawang ada beberapa titik yang harus segera diperbaiki seperti di jalan lingkar, jalan raya Curuk. Kedua jalan tersebut merupakan jalur paling padat yang dilalui pemudik motor roda dua. “Untuk Karawang memang dua titik jalan itu yang rusak dan butuh perbaikan karena volume kendaraan roda dua paling padat, makanya harus segera diperbaiki dan harus selesai sebelum arus mudik," katanya.
Menurut Aher kebanyakan jalan propinsi yang rusak di Karawang karena jalan berlubang, retak dan bergelombang. Pemprop mendata ada sejumlah titk jalan propinsi di Karawang yang perlu perbaikan segera. "Untuk detailnya silahkan tanyakan ke Bina Marga Propinsi ada berapa titik jalan di Karawang yang rusak. Bukan hanya Karawang kabupaten lain di Jawa Barat juga kondisinya hampir sama dan akan kita perbaiki segera," katanya.(ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template