Jadikan Teknologi Sebagai Ladang Amal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jadikan Teknologi Sebagai Ladang Amal

Jadikan Teknologi Sebagai Ladang Amal

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Juni 2016 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA – Guna meningkatkan iman dan takwa, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Texmako menyelenggarakan kegiatan keislaman dalam bentuk pesantren kilat yang di selenggarakan di aula sekolah pagi kemarin. Sebanyak 1.200 siswa yang hadir dalam kegiatan tersebut diharapkan mampu mengaplikasikan materi yang disampaikan oleh guru agama. Tak hanya itu beberapa perlombaan seperti baca tulis Al Quran dan hafalan surat ikut mewarnai kegiatan tersebut. Siswa juga diarahkan untuk memanfaatkan teknologi sebagai ladang amal bukan dijadikan tempat maksiat.
Kepala SMK Texmako, Saryono SPd, MT mengatakan, bahwa dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan pula bukan hanya menjadi tradisi atau seremonial dalam setiap tahunnya. Karena yang paling terpenting bagi dia, bagaimana siswa mampu menerapkan akhlak dan perilaku yang baik serta taat dan patuh terhadap orangtua maupun guru. Sebab, menurutnya, setinggi apapun ilmu yang dimiliki oleh siswa ketika tidak mempunyai akhlak yang baik sama saja dengan bohong. Maka dari itu tugas dan tanggung jawab besar bagi sekolah untuk mewujudkannya. “Kalau saya ingin mereka bukan hanya mengerti dan menghafal, hanya sementara saja namun mereka (siswa) mampu menerapkan apa yang disampaikan ke dalam kehidupan mereka sehari-hari,” inginnya.
Sementara Wakasek Kesiswaan, Badri Yasin S.Pd.I yang sekaligus menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut menyampaikan, ada beberapa materi yang diberikan kepada siswa, pertama tentang memahami arti bulan puasa Ramadan dan amaliah problematika remaja dalam mengikuti kemajuan teknologi. Sebab, tak sedikit kata dia, dengan kemajuan  teknologi banyak mereka yang menyalahgunakan teknologi sebagai wadah berbuat maksiat. Misalnya dengan maraknya aplikasi media sosial yang bertebaran membuat para remaja menjadi lebih berani untuk lebih berkreasi ke hal yang negatif. “Bukan kesalahan dari teknologinya, melainkan kesalahan dari orangnya sendiri dalam menggunakan hal tersebut, karena selama ini banyak yang menyalahgunakan teknologi, nah dalam materi tadi bagaimana caranya kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut ke hal yang positif,” terangnya.
Selain itu, kata Badri, dengan meluangkan waktu kosong dengan kegiatan positif lainnya pihak sekolah juga membuat perlombaan yang melibatkan siswa secara langsung. Karena, dengan perlombaan merupakan suatu bentuk tolak ukur sejuahmana mereka mampu menguasai materi tentang keaagamaan yang dikuasainya. Oleh sebab itu, untuk menumbuhkan siswa yang berkarkter islami harus pula diimbangi dengan kegiatan rutinitas yang digelkutinya dalam sehari-hari. “Meningkatkan wawasan dan amaliah di bulan Ramadan, minimal mereka mengerti dan memahami tentang agama karena ketika mereka paham, tidak akan pernah terjadi hal yang buruk, kita kasih materi dan hafalan surat Annas sampai Al'adiat setiap siswa harus mampu menghafalnya,” ungkapnya.
Menanggapai hal tersebut perwakilan dari salah satu siswi, Nita Suryana, mengaku sangat bangga bisa mengikuti kegiatan pesantren kilat. Karena bagi perempuan yang memiliki wajah manis ini banyak ilmu yang serta pengalaman yang dia dapatkan. “Bagus ya soalnya banyak juga yang kita tidak tahu, pokoknya banyak pengetahuan yang kita dapat disini,” akunya sambil tersenyum. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template