Honor Fiktif Pegawai Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Honor Fiktif Pegawai Desa

Honor Fiktif Pegawai Desa

Written By Mang Raka on Senin, 06 Juni 2016 | 19.04.00

-SPJ ADD Sumurgede Diduga Dimanipulasi

CILAMAYA KULON, RAKA - Isu tidak sedap menimpa Pemerintah Desa Sumurgede menjelang eksekusi hasil gugatan pemilihan kepala desa tahun 2012. Kades Yahya Sulaeman dituding memanipulasi honor perangkat desanya.
Selain memotong honor, sejumlah ketua RT dan kepala dusun yang sudah tidak aktif diduga tetap menerima honor. Hal itu diungkapkan oleh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Usman. Awalnya Usman menerima keluhan dari sejumlah pegawai desa. Bukan saja soal potongan honor sebulan dari hak 6 bulan kerja, tapi juga uang fiktif dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang mengalir ke beberapa dusun yang sudah tidak memiliki ketua RT dan kadus. Ia merinci seperti Dusun 6 sudah tanpa RT, kemudian Dusun 4 dan Dusun 5 juga tanpa kepala dusun dan Dusun 2 tanpa RW. Tapi dalam pertanggungjawaban honornya seolah sudah diterima, padahal itu validasi fiktif.
Artinya terus Usman, selama ini uang itu mengalir kemana? Kecurigaan itu membuat dirinya angkat bicara, dan mempertanyakan hal itu kepada Kades Yahya saat rapat minggon desa belum lama ini. "Beberapa RT dan kadus sudah gak aktif, honornya di ADD ngalir kemana selama ini? Sementara di SPJ bisa saja dimanipulasi. Kalau dihitung-hitung nyampe belasan juta itu kemana larinya," tanyanya.
Ia melanjutkan, wajar jika dirinya menduga honor fiktif itu masuk ke kantong kades. Karena selama ini kades tidak tranparan kepada mitranya BPD.
Jika BPD akhirnya mempertanyakan aliran ADD dan kebenaran kabar pemotongan hingga validasi fiktif, karena pihaknya mendengar keluhan dari beberapa para perangkat desa. Usman berharap semua pegawai desa berani mengungkapkan persoalan ini dan jangan takut dipecat. "Saya bertanya juga punya dasar keluhan dari sejumlah pegawai desa. Mereka wajar bilang dan kami tanya. Karena semuanya bekerja sesuai tugasnya," ungkapnya.
Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, Kades Sumurgede Yahya Sulaeman belum berhasil dikonfirmasi. Telepon maupun pesan singkat tidak dibalas. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template