Hindari Perpecahan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hindari Perpecahan

Hindari Perpecahan

Written By Mang Raka on Jumat, 17 Juni 2016 | 11.30.00

Semakin dekatnya bulan suci Ramadan, elemen tokoh agama diminta lebih mengayomi masyarakat. Apalagi, belakangan perilaku negatif seperti maraknya geng motor, serta perpecahan antarwarga.
Karena itu, tokoh pemuda Desa Lemahabang, Tata Khaerudin, meminta ustad dan tokoh agama lebih proaktif dalam membentengi ahlak masyarakat, apalagi tak lama lagi bulan suci Ramadan tiba. Akan tetapi, kata pria yang akrab disapa Afas ini, peran ulama saja tidak cukup tanpa adanya sokongan masyarakat di lingkungan keluarganya masing-masing. "Semakin dekat bulan Ramadan justru dihadapan kita makin deras prilaku-prrilaku negatif, karenanya peran ulama saat ini dan nanti diperlukan untuk membentengi ahlak umat," katanya.
Tata yang juga Kadus Lemahabang ini menambahkan, himpitan ekonomi acapkali mendasari perilaku negatif. Artinya, pendidikan yang tidak matang bisa menimbulkan blunder bagi kaum muda, karena mereka lebih mencari kenyamanan dalam bergaul. Sayangnya, lanjut Tata, pergaulan tersebut terbentuk dalam satu komunitas yang tidak bagus.
Disinilah tambahnya, pentingnya orangtua hadir sama-sama bertanggungjawab untuk membenengi akidah putra-putrinya. Tak hanya itu, di lapangan seringkali keteladanan dari orangtua dan guru sendiri tidak patut dicontoh yang akibatnya memunculkan kejenuhan berpikir. "Jika dalam satu keluarga sudah jenuh berpikir itu karena gurunya sibuk sendiri dan orangtuanya tidak merasa bertanggungjawab," katanya.
Lebih jauh ia berharap, meminimalisir perpecahan komunitas yang bukan saja seperti geng motor atau satu kelompok dengan lainnya, juga antar warga saat saling hujat dalam proses pemilihan presiden adalah dengan benteng keumatan yang lebih menyeluruh. Ia juga berharap pendidikan karakter dan seni keislaman bisa berefek menjadi pondasi pembangunan moral dan iman masyarakat saat ini. "Kita harap perpecahan tidak menjadi blunder lebih besar terjadi," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template