Hasilkan 100 Ton Sehari, Petani Mangga Kekurangan Modal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hasilkan 100 Ton Sehari, Petani Mangga Kekurangan Modal

Hasilkan 100 Ton Sehari, Petani Mangga Kekurangan Modal

Written By Mang Raka on Selasa, 28 Juni 2016 | 14.00.00

TEMPURAN, RAKA- Petani buah mangga di Desa Sumberjaya, Kecamatan Tempuran semakin kekurangan modal. Pembinaan kelompok koperasi yang minim ditambah mahalnya obat-obatan, membuat petani mangga tercekik. Berbeda dengan petani padi yang mendapati subsidi pupuk hingga asuransi, para petani mangga yang menghasilkan 100 ton perharinya ini, justru berjalan sendiri-sendiri.
Ketua BPD Sumberjaya Ae Saepudin menuturkan, masyarakat Sumberjaya 40 persennya adalah petani mangga, lainnya petani padi dan pedagang. Banyaknya masyarakat yang bertani mangga, membuat desa ini menjadi sentra mangga di Karawang. Setiap bulan petani bisa memanen mangga, hasilnya diburu sejumlah pasar luar kota Karawang. Namun, semua sirkulasi panen hingga penjualan setelah ditumpuk di bandar semuanya berjalan sendiri-sendiri, karena tidak hidupnya koperasi maupun perhatian permodalan pada perawatan tanaman holkikultura ini. "Kita pasok 100 ton perharinya, tapi jujur usaha mamgga yang sudah besar ini jarang dilirik, utamanya soal permodalan," ungkapnya.
Ae berharap, ada upaya pembinaan dari pemkab dan bantuan keorganisasian kelompok usaha petani mangga ini lebih optimal. Agar, selain bisa berkembang lebih maju, peralatan hingga obat-obatannya bisa difasilitasi pemerintah. Karena, desa ini sudah menobatkan diri sebagai pusat mangga Karawang terbesar dari berbagai varietasnya, sampai gerbang menuju desa saja di buatkan tugu mangga. "Sebenarnya bisa maju dan lebih menguntungkan, kalau pemkabnya siap memfasilitasi modal dan memperluas akses pasarnya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template