Harga Daging Tinggi Gara-gara Sulit Cari Pakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harga Daging Tinggi Gara-gara Sulit Cari Pakan

Harga Daging Tinggi Gara-gara Sulit Cari Pakan

Written By Mang Raka on Selasa, 07 Juni 2016 | 12.00.00

TEMPURAN, RAKA-  Tingginya harga daging sapi saat ini di pasaran, tidak lepas dari naiknya harga sapi lokal. Namun, para pemilik sapi juga berpendapat lain, karena satu dari sekian pemicu naiknya harga sapi dan dagingnya, akibat sulitnya mencari bahan makanan alami seperti rumput segar. Bahkan kondisi memaksa peternak sesekali memberi makanan buatan, mulai dari bekatul, singkong hingga campuran rumput kering yang sudah diolah.
Salah seorang pemilik sapi asal Cilebar H Darsim mengatakan sejak diguyur hujan dirinya kembali sibuk mencari rumput segar di pinggir-pinggir sawah untuk sapinya. Memang, saat ini pemilik sapi sering dipusingkan dengan semakin langkanya pakan ternak sapi, utamanya rumput segar. Selain sulit di musim kemarau, ada beberapa tumbuhan yang sengaja disemprot racun oleh petani agar tidak tumbuh.
Dirinya, jauh-jauh dari Cilebar, mengitari rerumputan di sekitaran sawah Pulowideng agar sapinya tidak ketergantungan dengan campuran bekatul dan singkong yang sudah diolah. Karena 1 ekor sapi butuh Rp 40 ribu perhari untuk mengenyangkan perut sampai usia setahun untuk kemudian dijual kepasaran. "Rumputnya susah, kami nyari-nyari ke setiap sawah juga jarang," tandas dia.
Lebih jauh Darsim menambahkan, dirinya hanya memiliki 3 ekor sapi yang rencananya dipotong buat arisan jelang lebaran. Daging ini akan dibagikan kepada masyarakat yang sudah menabung. Harga yang ia patok selalu sama dengan harga pasar. Soalnya, akibat kelangkaan pakan ternak ini pula, harga daging melonjak di kisaran Rp 120-130 ribu per kilogramnya. Karena, selain resiko lelah dan transport, pakan yang sudah jarang ditemui ini membuat pemilik sapi pusing. "Ya harga naik kemarin itu juga dipicu akibat pakanan yang langka juga sih," tandas dia. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template