Gedung Bagus tak Jamin Menang Lomba Sinergitas Kecamatan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gedung Bagus tak Jamin Menang Lomba Sinergitas Kecamatan

Gedung Bagus tak Jamin Menang Lomba Sinergitas Kecamatan

Written By Mang Raka on Selasa, 28 Juni 2016 | 15.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA- Kecamatan Lemahabang mewakili Karawang dalam lomba sinergitas tingkat Provinsi Jawa Barat. Jika melihat gedungnya, kecamatan ini representatif. Namun hal tersebut tak menjadi faktor utama untuk menjadi juara, perlu dibarengi dengan kinerja pegawai yang maksimal dalam melayani masyarakat.
Ketua Tim Badan Koordinator Wilayah (Bakoorwil) II Provinsi Jawa Barat, yang bertindak sebagai Ketua Tim penilaian lomba Toto Mohammad Toha, Senin (27/6) kemarin datang bersama rombongan sekitar pukul 13.00 untuk melakukan penilaian. "Bangunan sih prototipenya bagus kalau dilihat mah, tapi sejauh mana pegawainya memberikan pelayanan itu yang kami perlukan," ungkapnya, kemarin.
Toto menambahkan, secara serentak pihaknya melakukan evaluasi di wilayah II Jawa Barat terdiri dari Purwakarta, Karawang, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan tambahan Kabupaten Bandung dan Bandung Kota. Ada 18 aspek penilaian, mulai dari sarana prasarana, lingkungan, administrasi, pelayanan, penddidikan dan kesehatan. Ia harapkan, tidak ada dokumen yang tercecer dari mewahnya bangunan kecamatan ini. Diingatkan Toto, camat akan diuji terkait wawasan dan pengetahuan dalam membuat perencanaan, pelaksanaan program dan evaluasinya.
Toto tidak membutuhkan retorika dan teoritis tapi bukti. Soalnya, terus Toto, pengalaman sebelumnya, menyandang predikat juara 1 se- Jawa Barat sekalipun tidaklah sesempurna yang dibayangkan, karena apa yang dimunculkan kadang-kadang tidak sesuai kenyataan. Untuk itu, ia harapkan inovasi dan kreatifitas pelayanan ini yang perlu ditingkatkan. "Camat akan kami uji pengetahuannya soal perencanaan dan pelaksanaan program, karena pengalaman yang sudah-sudah saja apa yang di tampilkan rilnya nihil," paparnya.
Sementara itu, Bupati Karawang dr Cellica Nurachdiana mengatakan, Karawang adalah kota pangkal perjuangan, kota goyang dan kota penyangga ketahanan pangan. Dengan luas wilayah administratif lebih dari 1,7 ribu KM dengan 309 desa dan 30 kecamatan, pihaknya mempercayakan Kecamatan Lemahabang menjadi contoh bagi kecamatan lainnya. Dia menilai Kecamatan Lemahabang yang terbaik dan layak mewakili Karawang dalam lomba sinergitas kecamatan tingkat Provinsi Jawa Barat. Untuk itu, camat sebagai kepanjangan tangan bupati, tidak mesti berwibawa dan menciptakan rasa takut bagi masyarakatnya, tapi harus dikedepankan soal pelayanan. Perlu diketahui, tambah dia, kantor Kecaman yang mewah ini, memiliki luas 7 ribu meter dibangun melalui program prototipe Pemkab Karawang. "Kantor sudah bagus harus berbanding lurus dengan pelayanannya," ungkapnya.
Cellica menambahkan, dalam lomba sinergitas ini,  Karawang pernah juara 1 di tahun 2008 dan 2009 yang diwakili Tempuran dan Cilamaya Kulon. Terlepas harapannya bisa kembali mendulang juara, yang paling penting bagi pemkab adalah semangat para pegawainya yang harus terus meningkatkan kreatifitas dan inovasi pelayanan terbaik, karena dengan itu, ia yakin 18 indikator yang diminyta tim penilai bisa diadopsi dan berjalan sempurna. "Kita pernah juara di tahun 2008-2009, semoga kinerja kita terus optimal tanpa harus menunggu momen lomba," pungkasnya.(rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template