Gandeng Perawat dan Bidan, STIKes Kharisma Gelar Seminar Jantung - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gandeng Perawat dan Bidan, STIKes Kharisma Gelar Seminar Jantung

Gandeng Perawat dan Bidan, STIKes Kharisma Gelar Seminar Jantung

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Juni 2016 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - STIKes Kharisma Karawang bekerjasama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menggelar seminar bertemakan Penanganan Terpadu Kegawatdaruratan Jantung Berbasis Masyarakat. Tema ini diangkat dengan pertimbangan banyaknya hal yang berpotensi menyebabkan serangan jantung serta tingginya persentase penyakit berbahaya ini.

Pelaksanaan seminar bertujuan agar masyarakat tidak bingung menangani atau memberi pertolongan pertama saat terjadi serangan jantung. Seminar tersebut menghadirkan pembicara, dr Robert Edwar Saragih, SPJP FLHA RSUD Karawang,  Ns.Li Ismail SKP CVRN RS Jantung Nasional Harapan Kita dan Ketua STIKes Kharisma Karawang Uun Nurjanah, M.Kep.
Ketua Pelaksana Denis Alfarizi mengatakan, seminar dilaksanakan untuk mensosialisasikan ilmu kesehatan kepada masyarakat, khususnya dalam penanganan penyakit jantung. Materi yang disampaikan secara sederhana, agar apa yang disampaikan bisa dengan mudah dicermati masyarakat umum. “Kita kerjasama dengan PPNI dan Ikatan Bidan Indonesia untuk melaksanakan kegiatan seminar kesehatan ini. Tentang materi yang disampaikan, hanya seputar penanganan atau pertolongan pertama yang harus atau bisa dilakukan saat seseorang terkena serangan jantung,” ucap Denis.
Selama kegiatan berlangsung, kata Denis, para pemateri menyampaikan hal-hal pertama yang bisa dilakukan untuk menangani serangan jantung secara sederhana. Tujuannya agar lebih mudah dimengerti. “Untuk antisipasi, penyampaian materinya juga kita buat sesederhana mungkin, karena takutnya masyarakat pada kebingungan,” tambahnya.
Selain itu, mengingat bahwa penyakit jantung adalah penyakit yang paling berbahaya di dunia, dan juga persentase orang yang terkena serangan jantung sangat tinggi, dalam kegiatan ini dijelaskan beberapa langkah pencegahan dan penanganan pertama. Terdapat beberapa faktor penyebab serangan jantung, diantaranya penyakit jantung bawaan, detak jantung yang tidak normal, riwayat penyakit angin atau vascular, stoke, konsumsi alkohol secara berlebihan, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, stres, level trigliserida yang tinggi, penyalahgunaan narkoba dan merokok.
Ketua STIKes Kharisma Uun Nurjanah M.Kep mengatakan kegiatan seminar yang dilaksanakan mahasiswa STIKes Kharisma sendiri bentuk dari pengabdian bagi masyarakat umum. Dimana peran mahasiswa selain menuntut ilmu pengetahuan dilain sisi harus ikut memberikan sumbangsih bagi masyarakat umum. "Seminar ini salah satu pengabdian bagi masyarakat umum," ungkapnya.
Sementara, dijelaskan tema seminar sendiri diketengahkan dengan pertimbangan tingginya penyakit jantung di Karawang, maka tema itu diambil untuk bagaimana masyarakat umum bisa lebih siap saat terjadi serangan penyakit jantung. "Minimal bisa memberikan pertolongan pada penderita jantung saat terjadi serangan jantung secara mendadak sebelum dibawa kerumah sakit," ujarnya. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template