Fokus Belajar Seni Baca Al Quran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Fokus Belajar Seni Baca Al Quran

Fokus Belajar Seni Baca Al Quran

Written By Mang Raka on Rabu, 15 Juni 2016 | 15.30.00

Ponpes Al Furqon Banyak Lahirkan Santri Ahli Qiroat

KARAWANG, RAKA – Berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh pondok pesantren yang ada di Kabupaten Karawang, seperti Pondok Pesantren (Ponpes) Al Quran Al Furqon di Jalan Telagasari, Nomor 17 Kawali, Kecamatan Klari. Di pesantren ini, santri lebih banyak belajar seni baca Al Quran maka tak heranm jika pimpinan QH Jeje Fauzi ini banyak melahirkan ahli qiroat.
Salah satu guru ngaji pondok pesantren Al Furqon, Fikri mengatakan, bahwa dari sekian banyak pondok pesantren yang ada, memiliki kelebihannya masing-masing. Namun yang jelas untuk pondok yang sudah berdiri sejak 21 tahun yang lalu itu, lebih menekankan pembelajaran tentang mengaji dan membaca Al Quran dengan seni atau seni qiroat. “Kalau disini yang lebih ditekankan kepada santri adalah seni Al Quran mulai dari tahfid quran, tahfil sampai sahril quran,” ungkapnya.
Apalagi, kata dia, kegiatan di bulan suci Ramadan sangat banyak, selain kegiatan yang sudah rutin di hari-hari biasa, saat Ramadan juga pengajian lebih intensif dilakukan. “Nggak ada bedanya juga sih sama hari biasa, cuman mereka lebih banyak mengaji di masjid bahkan ketika tidak disuruhpun mereka mengaji sendiri seperti tadarus,” tuturnya.
Tak hanya itu, dia menjelaskan, santri Al Furqon juga sering mengikuti perlombaan seni baca Al Quran. Ini dilakukan, untuk menguji kemampuan siswa tentang pelajaran yang sudah diajarkan di pesantren. “Kita imbangi juga dengan perlombaan, agar mereka bisa mengetahui sejauhmana mereka mampu menguasai ilmu yang dimilikinya,” ucapnya bercerita.
Dengan kerap mewakili Karawang dalam perlombaan MTQ, para santrinya pondok pesantren tersebut dikenal juga mampu melahirkan santri yang berprestasi di bidang tersebut. "Alhamdulilah ketika ada perlombaan santri kami yang dipilih mewakili Karawang dalam perlombaan MTQ,” ungkapnya penuh syukur.
Dia berharap, bahwa kedepan banyak santri didiknya tersebut menjadi santri yang berprestasi dan membuat orangtua maupun pondok bangga. “Semoga aja bisa melahirkan santri-santri yang berprestasi yang bisa mengharumkan nama baik pondok, dan kebetulan karena si bapak yang mempunyai pondok ini dulu pernah menjadi juara internasional MTQ semoga bisa turun ke anak-anak didiknya,” harapnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template