Dishub Siapkan 200 Bis Lebaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dishub Siapkan 200 Bis Lebaran

Dishub Siapkan 200 Bis Lebaran

Written By Mang Raka on Jumat, 17 Juni 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karawang menyiapkan 200 bus untuk pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan untuk pemudik asal Jawa Barat,  Dishub tidak mempersiapkan secara khusus, karena Karawang menjadi lintasan untuk bus jurusan Jawa Barat.

"Memang kita prioritaskan untuk Jurusan Jawa Tengah, dan Jawa Timur karena bus terlalu sedikit mampir ke terminal. Sedangkan jurusan Jawa Barat, meski di terminal Klari sedikit, namun banyak bus dari Cikarang dan Bekasi yang masuk ke Karawang untuk mengangkut penumpang," kata Kepala Bidang angkutan Dishubkominfo, Dede Sudrajat, kemarin (16/6).
Menurut Dede, berdasarkan pengalaman mudik tahun lalu di Terminal Klari terjadi penumpukan penumpang jurusan Jawa Tengah dan Jawa Timur.Hal ini karena jumlah penumpang dengan armada yang disiapkan tidak sebanding sehingga terjadi penumpukan. Pada saat itu Dishub mengerahkan bus bantuan dari perusahaan otobus untuk mengangkut penumpang sehingga bisa diatasi dan semua penumpang bisa diangkut. Untuk mudik tahun ini pihaknya sudah menyiapkan bus sebanyak 200 bus yang diprediksi bisa melayani pemudik. "Kita prediksi akan terjadi kenaikan penumpang sebesar 10% dari tahun lalu. Untuk pengadaan bus angkutan lebaran juga terjadi kenaikan 10% sesuai dengan kenaikan jumlah penumpang," katanya.
Dede mengaku di Terminal Klari armada bus yang ada untuk jurusan Jawa Tengah dan Jawa Timur sebanyak 100 bus. Sisanya akan akan disediakan sejumlah perusahaan otobus (PO) untuk menutupi kekurangan bus angkutan lebaran. Pihak Dishub sudah melakukan kordinasi dengan sejumlah PO untuk persiapan pengadaan bus. "Kita sudah sepakat dengan sejumlah PO untuk menutupi kekurangan bus angkutan lebaran jurusan Jateng dan Jatim. Merekan menyatakan kesiapannya untuk menambah jumlah armada di terminal saat puncak arus mudik nanti." katanya.
Menurut Dede kebanyakan pemudik asal Karawang memang dari Jateng dan Jatim yang bekerja di sejumlah perusahaan industri di Karawang. Ada juga yang menjadi pengusaha UMKM yang tersebar disetiap peloksok Karawang atau berdagang di kaki lima di kawasan industri atau kota Karawang. "Profesinya macam-macam, namun kebanyakan mereka menjadi buruh atau pedagang kaki lima yang sekarang banyak menjamur di pinggir jalan atau dekat kawasan industri," katanya.
Makanya Dishub Karawang lebih fokus mempersiapkan armada bus mudik untuk Jateng dan Jatim dibandingkan jurusan Jabar. Diharapkan dengan jumlah armada yang sekarang tidak akan lagi terjadi penumpukan penumpang yang terlalu lama menunggu bus yang mengangkut. Dari jumlah bus yang sudah disiapkan, Dishub juga akan mempersiapkan bus cadangan jika ternyata masih kekurangan. "Kita mengantisipasi juga jika bus yang kita siapkan ternyata belum cukup," katanya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template