Dinkes Razia Apotek Cari Vaksin Palsu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dinkes Razia Apotek Cari Vaksin Palsu

Dinkes Razia Apotek Cari Vaksin Palsu

Written By Mang Raka on Rabu, 29 Juni 2016 | 18.40.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang berharap kasus vaksin palsu yang masih menjadi buah bibir masyarakat, tidak terlalu dikhawatirkan.
Kepala Dinas Kesehatan Karawang melalui Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat dr Sri Sugihartati menjamin vaksin yang masuk ke Karawang merupakan vaksin asli. “Jangan khawatir, khususnya orangtua yang memiliki bayi di bawah lima tahun. Insya Allah vaksin yang ada asli,” ungkapnya kepada Radar Karawang, Selasa (28/6).
Ia melanjutkan, vaksin yang beredar di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) berasal dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kemudian disalurkan ke provinsi dan dilanjutkan ke kabupaten/kota. Berdasarkan hasil pemeriksaan vaksin yang ada semua asli. Namun, untuk vaksin yang beredar di apotek swasta, pihaknya terus melakukan razia termasuk rumah sakit swasta. “Vaksin asal pemerintah dijamin. Namun, memang untuk yang swasta kita terus melakukan sidak. Dan hasilnya belum ditemukan adanya vaksin palsu di Karawang,” tambahnya.
Ditanya soal dampak dari vaksin palsu, Sri mengatakan belum ada laporan membahayakan manusia. Pasalnya, peredaran vaksin palsu ini sudah lama dan baru saat ini ramai diberitakan. Ternyata tidak ada korban. "Untuk vaksin palsu hanya tidak memiliki fungsi seperti vaksi asli," terangnya.
Menurut Sri vaksin palsu mengandung cairan infus. Artinya, motivasi si penjual vaksin palsu hanya mencari keuntungan saja. "Murni bisnis. Tapi masyarakat yang dirugikan jika menggunakan karena secara fungsi tidak ada," jelasnya.(dri)

Daftar Vaksin yang Dipalsukan

Vaksin engerix B
Vaksin pediacel
Vaksin eruvax B
Vaksin tripacel
Vaksin PPDRT23
Vaksin penta-bio
Vaksin TT
Vaksin campak
Vaksin hepatitis B
Vaksin polio bOPV
Vaksin BCG
Vaksin harvix

sumber BPOM
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template