Dinas Kesehatan Jamin Vaksin di Puskesmas Aman - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dinas Kesehatan Jamin Vaksin di Puskesmas Aman

Dinas Kesehatan Jamin Vaksin di Puskesmas Aman

Written By Mang Raka on Sabtu, 25 Juni 2016 | 12.30.00

TEMPURAN, RAKA - Gegernya temuan vaksin palsu jenis polio, campak dan BCG di Jawa Barat hingga pengungkapan kasusnya di daerah Subang, tidak membuat pejabat UPTD Puskesmas di Karawang cemas. Sebab mereka yakin, vaksin yang diinjeksikan kepada balita secara bertahap itu merupakan produksi asli Biofarma pusat yang didrop langsung ke Dinas Kesehatan Karawang sebelum disebar Puskesmas melalui bidan-bidan Desa.
Kasubag TU UPTD Puskesmas Lemahabang, H Anwar Sanusi S.Km mengatakan Puskesmas mendapat kiriman vaksin langsung dari Dinas Kesehatan. Sumbernya pun jelas langsung dari Produksi Biofarma Bandung. Adapun harga murah vaksin palsu yang beredar justru membuatnya bingung. Sebab selama ini pemberian vaksin selalu ditanggung pemerintah alias gratis dan tidak diperjualbelikan.
Adapun jika tidak digratiskan, satu vaksin harganya berkisar Rp 75-90 ribuan perbuah. Karena itu, karena produsennya jelas, ia yakin vaksin yang diterima puskesmas aman digunakan. Sebab bila vaksin palsu bakalan berdampak negatif pada perkembangan balita. Terlepas siapapun dan dimanapun pelakunya, ia mengharap pembua vaksin palsu ini dijerat hukum maksimal. "Bahaya sekali kalau sampai palsu, karena ini mengancam perkembangan balita. Tapi saya yakin yang di Karawang mah orisinil semua," tandas dia.
Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Lemahduhur Abdul Ajiz SKm mengatakan vaksin BCG, polio dan campak yang ada di Puskesmas didrop langsung dari Biofarma Bandung dan dijamin keasliannya. Meskipun klaim asli atau tidak harus diuji di laboratorium, tapi ia bisa membedakan dari label dan etiket vaksin itu sendiri. "Bisa dibedakan dari label dan etiket vaksinnya, saya jamin keasliannya yang dari biofarma mah," tandas dia.
Sementara itu, Kabid P2PL Dinas Kesehatan Karawang dr Sri menjamin vaksin yang ada di Karawang aman karena semua vaksin yang tersebar di tiap puskesmas didrop langsung dari Dinas Kesehatan. "InsyaAllah di Karawang aman, karena puskesmas vaksinnya dari Dinkes, dan Dinkes Kabupaten sendiri didrop dari Dinkes Provinsi Jawa Barat," tandas dia. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template