Desa Ciwangi Juara Pengumpul Beras Perelek - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Ciwangi Juara Pengumpul Beras Perelek

Desa Ciwangi Juara Pengumpul Beras Perelek

Written By Mang Raka on Sabtu, 04 Juni 2016 | 13.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Meski berada di kawasan industri, sejumlah desa di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta masih bisa mengumpulkan beras dari warga melalui program beras perelek yang dicanangkan Pemkab Purwakarta. Dari 10 desa, Desa Ciwangi dinobatkan sebagai desa terbanyak mengumpulkan beras perelek dari warga hingga ribuan liter.
"Dari 10 desa yang ada di kami, Desa Ciwangi warganya paling banyak menyumbang beras seikhlasnya pada aparat desa sebanyak 5.185 liter sejak awal tahun," ujar Camat Bungursari Jaenal Arifin, saat mengumumkan lomba terbanyak mengumpulkan beras di kantor Kecamatan Bungursari Purwakarta, Jumat (3/6).
Beras perelek merupakan program Pemkab Purwakarta untuk mengurangi dampak kemiskinan di Purwakarta, serta meningkatkan solidaritas antar warga. Setiap warga mampu menyumbangkan beras seikhlasnya. Jika tidak menyumbang beras, diganti dengan uang seikhlasnya pula. "Desa Ciwangi juga paling banyak menerima pengelolaan dana pengganti beras perelek senilai Rp 98 juta," kata Jaenal.
Ia menegaskan, dana dan beras yang terkumpul akan disalurkan per bulan pada warga yang tidak mampu dalam bentuk beras dan uang. Desa Ciwangi, kata dia, memiliki 3 ribu kepala keluarga dengan jumlah orang miskin sebanyak 131 orang. "Warga ekonominya sulit dikirim beras per bulan dari yang terkumpul. Termasuk jika ada warga yang rumahnya tidak layak, dana uang yang terkumpul bisa digunakan untuk renovasi rumahnya. Bisa juga untuk sumbangan ke warga yang anggota keluarganya meninggal dan bantuan sosial lainnya," ujar Jaenal.
Pada kesempatan tersebut, Desa Cibening dan Desa Bungursari meraih peringkat kedua dan ketiga lomba mengumpulkan beras perelek. Dalam penilaian itu, selain beras perelek, juga diumumkan desa terbaik dalam penerangan lingkungan dengan memasang lampu-lampu penerang. Serta, desa terbersih.  "Desa dengan penerangan lampu terbaik yakni Desa Cinangka dan desa terbersih Desa Cibening. Dengan penerangan yang baik, maka lingkungan desa akan aman dan terang," pungkasnya.(gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template