Desa Cikampek Barat Budidaya Kroto - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Cikampek Barat Budidaya Kroto

Desa Cikampek Barat Budidaya Kroto

Written By Mang Raka on Selasa, 14 Juni 2016 | 16.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Meski bulan puasa, pelayanan di Desa Cikampek Barat berjalan seperti biasa. Termasuk kinerja para perangkat desa, tetap menjalankan tugasnya seperti biasa.
"Pelayanan tetap berjalan normal yah. Lihat saja. Malahan yang berkurang itu warganya yang datang, bukan pegawai desanya," ujar Kepala Desa Cikampek Barat, H AA Nandang di ruang kerjanya, Senin (13/6).
Pemerintah desa rencananya melakukan sosialisasi door to door kepada masyarakat, termasuk membuka bazar-bazar saat ada kegiatan yang ada di lingkungan desa. Dalam waktu dekat ini pihaknya membuka bazar pelayanan di Perum Mahkota RW 17 dan 14. "Jadi kami menyampaikan program-program pemerintahan desa disana" ucapnya.
Dia juga menyampaikan, pemerintah desa selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai program-program baru. Seperti saat ini ada BUMDes yang bergerak dibidang simpan-pinjam, dan budi daya kroto. "Yang bisa pinjam ke BUMDes itu syarat utamanya adalah punya usaha yang sudah berjalan. Baru kemudian syarat berikutnya administratif. Tetapi harus warga Cikampek Barat yah," ucapnya.
Untuk besaran pinjamannya, tambah Nandang, rata-rata Rp 500 ribu, tetapi jika hasi surveinya ternyata mencukupi dan usahanya lebih prospektif, maka pinjamannya bisa diatas Rp 500 ribu. Semua teknisnya sudah diatur oleh pengurus BUMDes. "Kalau yang SPP (simpan pinjam) itu sudah jalan satu bulan ini. Kalau untuk kroto sekarang ini masih tahap budidaya," ujarnya.
Kaitan dengan budidaya kroto, dilakukan secara profesional, bahkan bibitnya beli dari bogor. Untuk panennya diperkirakan 6 bulan. Memilih kroto karena menurutnya bisnis di bidang itu cukup prospektif, bahkan permintaan akan kroto cukup banyak tapi barangnya terbatas. "Semoga ini bisa berkembang dengan baik. Dan memberikan manfaat untuk warga. Kami juga mendapat gelar posyandu terbaik ke tiga tingkat kabupaten. Ini salah satu bukti kami kerja keras membangun desa," ujarnya.
Seorang warga yang sedang mengurus surat kematian di kantor Desa Cikampek Barat, Upi, mengaku pelayanan di desa cukup memuasakn. Karena meski bulan puasa, saat dia mengurus dokumen bisa dilayani dengan baik dan cepat. "Ini saya mengurus surat kematian. Alhamdulillah diurus dengan baik," ujar Upi warga Perum VIP Blok C.13, Desa Cikampek Barat. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template