Derita Usia Senja, Mak Arum Kanker, Suami Stroke - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Derita Usia Senja, Mak Arum Kanker, Suami Stroke

Derita Usia Senja, Mak Arum Kanker, Suami Stroke

Written By Mang Raka on Rabu, 01 Juni 2016 | 22.28.00

TEGALWARU, RAKA - Di usia yang semakin senja, kehidupan Arum (70) semakin memprihatinkan. Warga Kampung Tengah RT 03/05, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, itu menderita kanker payudara.
Penyakit yang diidapnya sejak dua tahun lalu, membuat Arum merintih kesakitan. Setiap hari. Penderitaan serupa juga dialami sang suami, Rohmid (79). Ia diserang stroke. Pasangan yang menikah dengan status janda dan duda ini, hanya mengandalkan pengobatan alakadarnya. Karena jaminan kesehatan yang seharusnya bisa diandalkan, tidak pernah menyentuh mereka.
Yati (34) salah satu cucunya mengatakan, sudah satu minggu mengurus Jamkesda agar nenek dan kakeknya bisa diobati dengan layak. Karena sebelumnya, hanya diobati melalui pengobatan tradisional. "Datanya sudah diberikan ke pegawai desa. Pihak desa juga akan membawa nenek berobat agar ada tindakan," tuturnya kepada Radar Karawang, Selasa (31/5) kemarin.
Ia mengaku baru bisa mengurusi jaminan kesehatan Arum dan Rohmid, karena beberapa waktu lalu anaknya juga diserang penyakit herpes. "(anak saya) sudah satu minggu sakit. Jadi belum sempat bawa nenek berobat," tuturnya.
Ade (21), cucu yang paling muda dan sudah yatim piatu mengungkapkan, stroke yang diderita kakeknya belum pernah diobati. Dirinya hanya bisa membawa kakeknya dengan bangku dan dibawa ke halaman depan rumah, agar terkena sinar matahari. Juga memandikan Rohmid agar tidak terkena penyakit kulit.
"Orangtua saya sudah meninggal. Ibu saya awal meninggal lalu bapak saya kecelakaan. Dan sekarang karena kakek saya pernah mengurus saya, maka saya sekarang yang mengurus beliau agar sembuh. Hanya itu yang bisa saya lakukan sementara ini," paparnya.
Kepala UGD Puskesmas Loji dr Bubun Bunyamin mengatakan, Arum harus bisa diobati intensif agar kanker yang dideritanya tidak terlalu parah. Karena keterbatasan alat, pihaknya akan merujuk Arum ke rumah sakit besar agar bisa dioperasi. "Saya akan bertanggung jawab perihal dana dan biayanya. Ini juga merupakan tugas yang memang semestinya dilakukan oleh kami dan Puskesmas Loji," ujarnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Turut ptihatin atas apa yg emak arum dan abah alami?semoga Allah SWT mengangkat penyakitnya...hanya doa yg sy berikan buat emak arum dan abah..lekas sembuh y.
    walim_lingkungan jatimulya 1 Kelurahan mekarjati karawang barat

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template