Dapat WTP, Dewan Masih Belum Puas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Dapat WTP, Dewan Masih Belum Puas

Dapat WTP, Dewan Masih Belum Puas

Written By Mang Raka on Rabu, 08 Juni 2016 | 18.26.00

KARAWANG, RAKA - Empat tahun Pemkab Karawang mati-matian mendapatkan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), ternyata belum bisa memuaskan anggota dewan.
Pemerintahan Cellica-Jimmy dinilai belum fokus terhadap pembangunan Karawang. Tanpa arah. Karena terkesan menunggu Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) disahkan. "Kita lihat infrastruktur yang masih banyak PR. Termasuk pembuatan perbup (peraturan bupati) yang seharusnya cepat dibuat, untuk mendukung perda (peraturan daerah)," ungkap Sekretaris Fraksi PDIP Natala Sumedha kepada Radar Karawang, Selasa (7/6) kemarin.
Ia mencontohkan, infrastruktur di Karawang Barat, Tanjungpura, dan jalan pedesaan belum dilakukan perbaikan. Kondisi pasar di beberapa kecamatan juga sama jeleknya. Padahal, dikatakan Natala, Cellica yang sebelumnya jadi Plt bupati sudah bisa menyesuaikan saat dirinya dilantik jadi bupati Karawang. "Hari ini Cellica memimpin Karawang bukan sebagai orang baru, melainkan meneruskan pemerintahan yang sebelumnya dia ada didalamnya," jelasnya.
Termasuk kritikan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar yang mengatakan produksi padi di Karawang sudah kalah dengan Indramayu. Persoalan itu seharusnya bisa dijawab dengan cepat, dengan membuat peraturan yang tujuannya memastikan Karawang sebagai lumbung padi. Lalu peraturan daerah yang membatasi pembangunan industri dan perumahan, dengan tetap mempertahankan Karawang sebagai lahan pertanian. "Ajukan perda untuk lahan pertanian. Justru bukan sibuk berkomentar meminta pemerintah pusat jalan-jalan di Karawang," terangnya.
Selain persoalan itu, masih seabrek masalah di Karawang yang membutuhkan perhatian penuh pemerintah. Bahkan Natala menantang Cellica-Jimmy membenahi internal pemerintahan. "Jika memang pemerintah ingin berbuat lebih banyak dan cepat dalam pembangunan di Karawang, konsolidasikan dulu internal. Jangan seperti saat ini, berkoar di wilayah orang (perusahaan), tapi internal dan manajemen pemerintahan masih tidak fokus," ujarnya.
Sementara Cellica saat menerima penghargaan WTP dari BPK mengatakan, mendapatkan predikat WTP tidak mudah. Butuh perjuangan keras agar Pemkab Karawang bisa membuat laporan keuangan daerah yang baik. Apalagi saat ini tahun pertama penerapan akuntansi berbasis akrual, dimana pendapatan dan belanja diakui pada saat keterjadian, bukan pada saat penerimaan dan pengeluaran kas. "Semoga ini dapat menjadi pemacu di tahun-tahun yang akan datang, dalam pengelolaan keuangan dan aset pemerintah daerah yang lebih baik lagi," ujarnya. (dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template