Dana Perimbangan Cair September, Kades Ngarep THR - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Perimbangan Cair September, Kades Ngarep THR

Dana Perimbangan Cair September, Kades Ngarep THR

Written By Mang Raka on Sabtu, 25 Juni 2016 | 13.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Sudah menjadi amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 tahun 2014, bahwa kewajiban desa untuk menyetorkan pajak Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sudah menerima Dana Desa secara sempurna. Dana perimbangan ini kelak akan disesuaikan dengan estimasi besaran pajak yang diberikannya kepada daerah. Rencananya dana perimbangan yang estimasinya ratusan juta itu akan cair pada bulan September mendatang.
Sekretaris Apdesi Karawang Alex Sukardi mengatakan Dana Perimbangan sendiri merupakan dana yang bersumber dari penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan kepada daerah untuk membiayai kebutuhan daerah. Baik dari bagi hasil pajak dan bukan pajak, Dana Alokasi Umum maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).
Sekitar bulan september, dana perimbangan itu akan cair ke desa-desa. Namun menunggu dulu Bimbingan Teknis (Bintek) khusus kades dan bendahara. Adapaun besarannya bakal diterima variatif. Semua tergantung besaran pajaknya.Tapi estimasi ini sebut Alex minimal Rp 105 jta dan maksimal Rp 500 jutaan. Sayangnya, dana itu tidak bisa cair jelang lebaran. "Rencananya sih dana perimbangan amanah PP 43 itu cairnya September, di Bintek dulu kades dan bendaharanya," tandas dia.
Alex menambahkan, kades berbeda dengan PNS yang tahun ini dapat Tunjangan Hari Raya (THR). Kades Sampai hari ini pun belum ada kabar tentang THR,  baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten untuk kepala desa maupun perangkat. Meski demikian, ia berharap semoga THR itu juga ada peruntukannya untuk mereka jelang lebaran. "Kalau THR sampai saat ini belum ada kabar tuh kalau kades mah, mudah-mudahan saja ada," harap Alek.
Kades Cikuntul, Dede Gunawan mengatakan, dana perimbangan yang sumbernya dari bagi hasil pajak seperti PBB dan lainnya itu belum tahu kapan turunnya. Dirinya belum faham betul soal dana perimbangan secara detail. Namun yang jelas jelang lebaran, perangkat desa dan kepala desa memang tidak punya skema uang THR. "Kita tanyakan juga belum tahu kapan dana itu turun, pajak kita mah selalu sempurna, kalau gak turun juga, gak ada THR dong," ujar kades.
Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 96 ayat (3) pengalokasian ADD dengan pertimbangan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah dan tingkat kesulitan geografis. Ketentuan mengenai penggunaan anggarannya sudah diatur dengan jelas. Tata Cara pengalokasian ADD diatur dengan Peraturan Bupati. Dana Perimbangan merupakan dana yang bersumber dari penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan kepada daerah untuk membiayai kebutuhan daerah. Dana Perimbangan disebut juga transfer atau grants. (rud)

Sumber Dana Perimbangan didapat dari :
Bagi Hasil Pajak/Bagi Hasil Bukan Pajak
Dana Alokasi Umum (DAU)
Dana Alokasi Khusus (DAK)
Dana Perimbangan Provinsi
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template