Daging Sapi Tembus Rp 140 Ribu/Kg - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Daging Sapi Tembus Rp 140 Ribu/Kg

Daging Sapi Tembus Rp 140 Ribu/Kg

Written By Mang Raka on Jumat, 03 Juni 2016 | 15.30.00

*Pemerintah Didesak Operasi Pasar Sebelum Puasa

TEGALWARU, RAKA - Datang tidak diundang dan pulangnya tidak diantar. Tentu saja tidak seperti itu. Harga kebutuhan pokok memang seperti tamu tahunan, yang jika naik sama sekali tidak bisa ditolak. Setidaknya fenomena kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok ini terjadi setiap kali memasuki bulan ramadan. Seperti berlangsung saat ini, sejak sepekan terakhir harga-harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

Berdasarkan pantauan RAKA, kemarin, di Pasar Tradisional Loji, kenaikan terjadi hampir merata disemua kebutuhan pokok. Namun, dari kebutuhan-kebutuhan tersebut yang paling parah naiknya adalah harga daging sapi yang tembus hingga angka Rp 140.000/kg. Padahal sepekan sebelumnya masih berada dikisaran Rp 110.000/kg sebelum naik menjadi Rp 120.000/kg. Kebutuhan lain yang juga mengalami kenaikan adalah bawang merah menjadi Rp 22.000/kg dari harga sebelumnya Rp 20.000/kg. Demikianpun bawang putih dan cabai merah juga mengalami kenaikan termasuk sayur mayur.
Ade (35), pedagang sayur mayur menjelaskan harga sayuran lainnya stabil akan tetapi memang ada yang mengalami kenaikan itu hanya beberapa item saja. Seperti bawang merah dan putih juga salada. "Jika dilihat dari kenaikan sih aman-aman saja. Hanya beberapa sayur mayur saja yang mengalami kenaikan, sebagai imbas harga yang naik pun karena ketersediaan bawang baik yang merah dan putih di Pasar Induk Cibitung memang tengah mengalami kenaikan," katanya.
Sebelum kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok inipun mendapat sorotan serius Presiden Joko Widodo. Bahkan dia terang-terangan memerintahkan empat menteri terkait agar bekerja keras guna menurunkan atau minimal mengerem kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok, terutama harga daging sapi.
Sementara, dari kalangan konsumen, sejak harga daging sapi bertahan di level Rp 120.000/kg sebetulnya sudah mengeluhkan dan berharap secepat dilakukan upaya untuk mematok harga daging tersebut dilevel itu. Sayangnya, harga itu hanya bertahan dua hari, sebelum akhirnya tembus diangka Rp 140.000/kg sekarang ini. Seperti dituturkan Kartini (34), pembeli daging di Pasar Loji. Warga Kampung Cacaban, Desa Cintalanggeng ini menilai harga daging sapi saat ini sangat tinggi. "Belum ada efeknya dari pernyataan Presiden Jokowi perihal harga daging sapi. Di Pasar Loji saja harganya malah semakin naik. Mungkin karena belum ada tindakan serius hingga ke pasar- pasar dari pemerintah daerah Karawang khususnya," tandasnya.
Kepala seksi Kesejahteraan dan Sosial, Asep Ghojal Somantri (54), membenarkan bahwa harga daging sapi di Pasar Loji masih bertengger di harga Rp 140.000/kg. Kendati demikian dia memastikan akan operasi pasar guna melakukan pengereman harga-herga kebutuhan pokok yang melejit. "Harga daging sekarang ini Rp 140.000/kg, mungkin kita akan adakan operasi pasar agar mengetahui secara rinci perihal kenaikan itu dan permasalahannya. Untuk saat ini kami akan buat jadwal yang tepat kapan akan diadakan operasi pasar. nantinya Pemerintah Kecamatan Tegalwaru akan melibatkan satuan polisi pamong praja dalam operasi pasar tersebut," terangnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. siapa juga yang mau makan daging dagingan , dah bikin gendut harganya mahal,.. and rawan penyakit

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template