Calon Siswa Wajib Tes Urin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Calon Siswa Wajib Tes Urin

Calon Siswa Wajib Tes Urin

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Juni 2016 | 16.00.00

*Upaya SMK Sehati Bebaskan Sekolah dari Narkoba

KLARI, RAKA -  Bisa jadi ini pertama kali dilakukan pihak sekolah terhadap calon siswa baru. Untuk memastikan bersih dari narkoba Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sehati Karawang, mewajibkan calon siswanya tes urin, kemarin (17/6).

"Tes Kesehatan yang kami lakukan merupakan semi Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang nantinya akan dilaksanakan setelah lebaran. Sebelum memasuki masa orientasi sekolah, dilakukan terlebih dahulu tes kesehatan. Seperti tinggi badan, tes mata, tes warna dan tes urin. Ditakutkan nanti ada siswa yang akan bergabung di sekolah Sehati, ada yang mengkonsumsi narkoba,"  ujar Wakasek Bidang Kesiswaan Teja Hudaya. S.pd kepada RAKA ketika menanyakan perihal kegiatan yang dilakukan sekolah tersebut.
dia mengatakan, tes kesehatan yang dilakukan pihak sekolah itupun, mengingat SMK Sehati merupakan sekolah yang berbasis kesehatan dalam peracikan obat nantinya, ada siswa baru yang buta Warna. Sedangkan, dalam pembelajarannya nanti, untuk jurusan Farmasi akan lebih banyak mengenal warna dari obat-obatan yang harus diraciknya, dalam prakteknya nanti.
Hal itu menjadikan salah satu syarat wajib bagi siswa baru yang mendaftar ke sekolah SMK Sehati, sebelum menjelang Masa Orientasi Sekolah (MOS) dilakukan pengetesan lulus tidaknya anak tersebut. "Kami, sebelum menyatakan anak itu diterima atau tidak, anak yang mendaftar ke sekolah ini, mesti harus dilakukan terlebih dahulu di tes kesehatannya, supaya nantinya, ketika dalam belajarnya, anak tersebut memang bisa menyerap ilmu-ilmu tentang kesehatan nantinya," katanya.
Tidak hanya itu, sambung dia, tes kesehatan yang diikuti kurang lebih 110 anak yang memang baru melakukan pendaftaran ulang, tidak ingin menunggu lama dilakukan pengetesan dengan mengecek tinggi badan, mata, serta yang terakhir agenda wajib dalam pengetesan ini, yakni tes urin. Hal ini merupakan kewajiban pihak sekolah untuk mengecek ditakutkan ada siswa barunya yang nanti mengkonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang. "Kalau nanti ketika dalam hasil tes urin ada siswa yang positif memakai narkoba ataupun yang lainnya, pihak sekolah tidak akan menerima siswa itu, karena ini sudah menjadi peraturan dari sekolah ini," paparnya.
Hal senada disampaikan Ketua Yayasan SMK Sehati Karawang, Karnadi Adi Kusuma, tes kesehatan yang dilakukan pihak sekolah terhadap murid-murid baru tahun ajaran ini, memang dapat dikatakan sebagai angkatan kedua di SMK Sehati ini. Wajib hukumnya untuk dilakukan tes kesehatannya sebagai bentuk upaya pihak sekolah untuk menjauhkan generasi muda dari narkoba. Maka itu, sambung dia, tes kesehatannya pun dilakukan tidak hanya dengan pengukuran tinggi badan dan berat badan saja, melainkan, dilakukan pula tes urin terhadap siswa baru yang mengikuti kegiatan sebelum masuknya Masa Orientasi Sekolah yang akan dilaksanakannya nanti. "Memang harus ada tes kesehatan kepada siswa yang nantinya akan bergabung disekolah ini. Karena  ditakutkan ada siswa  yang mengkonsumsi narkoba, makanya, tes kesehatan sebelum Mos ini pun sengaja dilakukan," katanya.
Selain itu, kegiatan inipun, tidak lain dalam pengetesan kesehatan para calon siswa baru yang ada di SMk sehati, melainkan, kegiatan ini pun sebagai salah satu bentuk  ajang silaturahmi, saling mengenal satu sama lainnya. Sehingga nanti ketika memasuki masa orientasi sekolah para siswa dapat mengenal satu sama lain. "Biar mereka nanti tidak pada canggung dan malu-malu pas MOS nya, jadi sekalian ini di isi sebagai ajang silaturahmi mereka, biar nanti mereka sudah bisa kenal semua," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template