Bangun Rumah Sakit di Karawang Selatan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bangun Rumah Sakit di Karawang Selatan

Bangun Rumah Sakit di Karawang Selatan

Written By Mang Raka on Sabtu, 25 Juni 2016 | 15.30.00

TEGALWARU,RAKA - Usulan agar ada rumah sakit pemerintah di wilayah utara dan timur Karawang ternyata melebar hingga wilayah Selatan. Masyarakat di wilayah ini juga berharap pemerintah membangun rumah sakit yang sama disana. Apalagi selama ini peralatan yang dimiliki puskusmas amat terbatas sementara kuantitas pasien jumlahnya sangat banyak.

Saat ini sudah ada dua puskesmas satu di Kecamatan Tegalwaru dan satunya Pangkalan serta beberapa puskesmas pembantu (Pustu) di beberapa desa ternyata belum mampu secara optimal memberikan layanan kesehatan. Walaupun demikian, memang Puskesmas yang ada saat ini cukup membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat, namun beberapa kelemahan sarana di puskesmas itulah yang membuat Puskesmas pun perlu merujuk pasien ke rumah sakit besar.
Pertimbangan sarana itulah maka warga pun berharap Pemerintah melalui Dinas Kesehatan bisa membangun rumah sakit besar di wilayah Karawang Selatan dan dengan areal geografis lalu dengan permasalahan zona batas wilayah pun kadang ada pula warga yang menjadi warga Kabupaten lain berobat ke wilayah Karawang. Beberapa kriteria penyakit yang harus mendapatkan rujukan serius ke rumah sakit besar pun menjadi alasan. Seperti, pemeriksaan jantung koroner, operasi besar, poliklinik bedah ringan hingga besar pun kadang menjadi polemik birokrasi penyelamatan pasien. Dan pula permasalahan jarak pun menjadi pertimbangan warga dalam meminta Dinas Kesehatan membangun Rumah sakit besar di wilayah Karawang selatan.
Seperti dipaparkan Ketua Koordinasi Wilayah Lembaga swadaya Masyarakat, Lodaya Agung (41), Jumat (24/6) dirinya membenarkan perlunya rumah sakit besar di wilayah Karawang Selatan memang sangat diperlukan agar masyarakat tidak terlalu jauh berobatnya jika ada warga yang terkena penyakit. "Pertimbangan yang lain pun seperti jarak tempuh dari Loji ke Karawang kan lumayan jauh. Belum permasalahan teknis kadang ambulan terhalang truk besar yang tengah konvoi. Juga sarana teknis lainnya, maka wajar jika adanya rumah sakit besar sebagai penanganan yang maksimal," ucapnya.
Senada itu, mahasiswi Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Amalia Habsi (24) mengatakan, adanya rumah sakit besar di wilayah Karawang selatan memang sangat dinantikan. Selain jumlah populasi masyarakat yang makin meningkat juga karena ketersediaan sarana kesehatan yang terbatas di Puskesmas-puskesmas. "Wilayah Kecamatan Tegalwaru contohnya, banyak warga perbatasan seperti yang ada di wilayah Desa Kutamaneuh yang menjadi perbatasan dengan Desa Kutamanah Kabupaten Purwakarta yang datang berobat ke Wilayah Loji. Ditambah seperti yang menjadi perbatasan Kabupaten Bogor juga kadang datang pula berobat ke wilayah Pangkalan, maka wajar saja di wilayah selatan ini Karawang inipun ada rumah sakit pemerintah," katasnya.
Sementara Adelia (26), guru sekolah taman kanak-kanak di Desa Cintawargi menyampaikan, rumah sakit besar perlu dibangun di Karawang Selatan karena dengan ada wacana Karawang selatan akan dibangun bandara dan rel kereta api cepat maka secara demografi populasi manusia akan bertambah. "Ritme populasi bukan saja warga asli akan tetapi warga urban pun nantinya akan menjadi polemik tersendiri. Akan tetapi jika Pemerintah Karawang siap dengan permasalahan itu maka tidak menjadi persoalan ke depannya," tandasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template