Awasi Mafia PPDB Online - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awasi Mafia PPDB Online

Awasi Mafia PPDB Online

Written By Mang Raka on Senin, 27 Juni 2016 | 11.30.00

CIKAMPEK, RAKA - PPDB online tingkat SMA/SMK sudah selesai. Siswa yang berhasil masuk sekolah negeri, siap-siap daftar ulang ke sekolah yang dituju. Sedangkan siswa belum diterima, masih bisa melanjutkan pendidikan ke sekolah swasta.
Namun, kecurigaan mulai muncul di tengah masyarakat. Mereka masih khawatir jika masih ada permainan yang dilakukan oleh para mafia PPDB. Yaitu memasukan siswa titipan melalui jalur ilegal.
Tokoh masyarakat Cikampek, Sukirno mengatakan, melihat kejadian tahun lalu, titip menitip siswa yang tidak lulus melalui PPBD online, akan marak di seputar Cikampek, Kotabaru dan Jatisari. Bukan hanya di tiga kecamatan saja, melainkan hampir di setiap kecamatan. "Jangan sampai terjadi lagi kejadian serupa di setiap tahun ajaran baru," ungkapnya.
Menurutnya, sudah jadi rahasia umum setiap para calon siswa yang tidak masuk melalui jalur PPDB online, akan menggunakan jasa yang lain melalui jalur belakang. "Kita pantau saja dari mulai besok. Karena sudah ada pengumuman secara online di SLTA. Kalau mau jujur dalam dunia pendidikan, yah harus jujur dan buang praktek lewat jalur belakang," paparnya.
Sementara itu, Pandi, tokoh masyarakat dari Kotabaru menyampaikan, dirinya siap menginvestigasi para siswa yang menggunakan jalur belakang. Karena kata Pandi, banyak terjadi di lapangan tidak sesuai harapan para orangtua murid. "Sebagai contoh jika anak pintar di SMP nya kemudian pada saat ikut test PPDB online tidak masuk atau tidak lulus. Sementara ada anak yang kurang bagus secara akademik di SMP, kenapa masuk dan diterima di sekolah favorit," ungkapnya
Dengan alat ukur seperti itu, dapat dijadikan sebagai alat terjadinya praktek main belakang. Jika ini dibiarkan, maka anak miskin yang berprestasi akan tersingkir dengan pola seperti itu. "Harus ada paradigma baru dalam dunia pendidikan. Jika tidak ada perubahan, maka selamanya sistem PPDB online akan menimbulkan pro dan kontra. Dan korbannya anak yang cerdas dan berprestasi, namun tersingkir belajar di wilayahnya sendiri," ujarnya.(zie)
Berbagi Artikel :

2 komentar:

  1. Banyak emang harus di bongkar masah ini udah lama,aku punya contob

    BalasHapus
  2. Ayo bongkar mafia ppdb. Merusak moral bangsa dan tata pendidikan. Percuma online, kalau masih ada mafia offline. Kadisdik tolong tindak tegas mafia ppdb

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template