Alat Pengangkut Sampah Irigasi Masih Tradisional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Alat Pengangkut Sampah Irigasi Masih Tradisional

Alat Pengangkut Sampah Irigasi Masih Tradisional

Written By Mang Raka on Sabtu, 11 Juni 2016 | 15.30.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Tumpukan tanaman eceng gondok yang menggunung di samping Pasar Rengasdengklok akhirnya dibersihkan. Pekerja perairan dari Perum Jasa Tirta (PJT) II mengaku merasa kesulitan mengangkat tumpukan eceng.
Bambang (38) salah satu petugas perairan merasa kesulitan dalam membersihkan aliran yang tersumbat oleh banyaknya tanaman air tersebut. Kata dia selain banyak eceng yang menghambat aliran air, debit air yang deras juga menjadi tantangan tersendiri. "Bukan hanya eceng yang banyak, air yang mengalir juga deras, ini lah kesulitan kami,' ungkapnya kepada RAKA.
Derasnya air, tak dibantu dengan alat-alat untuk mengangkat eceng gondok. Para pekerja hanya menggunakan alat sederhana dengan tongkat yang terbuat dari batang bambu berukuran panjang sekitar dua meter setengah. Di ujung tongkat hanya dikaitkan garpu untuk menarik eceng. "Yah mau gimana lagi dari dulu alat yang digunakan cuman ini untuk menarik eceng," keluhnya.
Hal senada juga disampaikan oleh keempat teman sepekerjaannya, yaitu Darmawan, Didin, Ajat, dan Hanapi. Mereka berharap kepada pemerintah agar lebih memperhatikan lagi nasib para pekerja seperti mereka. Bukan hanya pekerjaanya yang sulit, alat-alat yang dipakai juga terbilang sederhana. "Kami berharap kedepan ada bantuan. Dinas Cipta Karya saja sudah punya mobil untuk narik sampah menggunakan mobil. Begitu pun kami, setiap mau menarik eceng itu paki alat-alat moderen lah kaya mesin pengangkut terus pakai mobil untuk membawanya," pinta dia. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template