Aktivitas Ramadan Pramuka SMPN 1 Tirtajaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Aktivitas Ramadan Pramuka SMPN 1 Tirtajaya

Aktivitas Ramadan Pramuka SMPN 1 Tirtajaya

Written By Mang Raka on Rabu, 08 Juni 2016 | 15.00.00

Lomba, Tarawih dan Buka serta Sahur Bersama

KARAWANG, RAKA –  Mengisi hari libur sekolah dengan kegiatan bermanfaat, itulah yang terlihat dari ratusan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tirtajaya. Meski di bulan Ramadan, tidak menurunkan semangat mereka dalam mengikuti kegiatan perlombaan pramuka yang diselenggarakan di halaman sekolah kemarin. Selain mengikuti kegiatan kepramukaan, tak lupa peserta juga ikut tarawih, buka dan sahur bersama di tenda yang dipasang di depan sekolah.
Kepala SMPN 1 Tirtajaya, Cartono M.Pd mengatakan, bahwa kegiatan yang diikuti oleh 447 siswa tersebut merupakan kegiatan perlombaan pramuka yang digelar dalam setiap tahunnya. Untungnya tahun ini, kata dia, kegiatan tersebut bertepatan dengan bulan Ramadan. “ Kegiatan perlombaan pramuka yang diikuti oleh peserta pramuka siswa sebanyak 231 dan siswi 216, alhamdulilah bisa berjalan dengan baik dan lancar meskipun bulan puasa,” katanya.
Dia menjelaskan, bahwa tujuan dari kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk membangun karakter peserta didik yang disiplin berdikari dan mampu bertanggungjawab. Sebab, dalam kegiatan banyak diisi dengan perlombaan dan kegiatan yang melibatkan semua siswa. Maka tak heran, jika mereka bisa saling menghargai satu sama lain. “Selain menjalin silaturahmi antar sesama pramuka, disini juga kita ajarkan mereka dalam segala hal tentunya,” jelasnya.
Sebanyak 23 perlombaan yang dilombakan. Dalam pramuka, bagi dia, tidak mengajarkan tentang indahnya berkemah serta bermain saja, melainkan banyak pelajaran yang bisa didapatkan dari kegiatan itu. “Banyaknya ada administrasi regu, semapore, kim, sandi, pengetahun pramuka, P3K, simpul dan ikatan, menafsir, halang rintang, PBB, senam pramuka, cerdas cermat, pioneering, mendirikan tenda, membidik dan menembak, memasak, hasta karya, kaligrafi, adzan, qori, kesenian, K3 dan pengawetan makan,” terangnya.
Salah satu peserta pramuka, Diana Lestari mengaku bahwa banyak pengalaman yang telah dia dapatkan, mulai dari belajar bekerjasama dan kekompakan antar regu serta pengalaman lainnya yang tidak bisa didapatkan dari kegiatan di sekolah lain. “Seru terus banyak juga yang kita dapatkan dari kegiatan pramuka ini, mulai dari berkemah terus masak sendiri dan banyak lagi perlombaan pokonya, belajar mandiri dan saling menghargai,” ucapnya, penuh semangat setelah upara penutupan selesai. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template