Air Irigasi Tarum Timur Bakal Dikurangi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Air Irigasi Tarum Timur Bakal Dikurangi

Air Irigasi Tarum Timur Bakal Dikurangi

Written By Mang Raka on Kamis, 02 Juni 2016 | 12.00.00

JATISARI, RAKA - Sebanyak 20 orang petani Desa Sukamekar Kecamatan Jatisari diberikan penyuluhan awal musim tanam 2016 oleh petugas PPL Desa Sukamekar dan Desa Pacing. PPL yang memberikan penyuluhan tersebut adalah Alivianti Putri dengan didampingi Anggota Koramil Jatisari Sertu Bakri Baco di Dusun Jebug I Desa Sukamekar.
Menurut Alivianti Putri saat jelang musim tanam padi para petani di Desa Sukamekar diberikan penyuluhan tentang waktu menanam padi, jenis varietas yang ditanam, perlakuan benih, dan lain sebagainya. Sehingga produksi padi yang dihasilkan bisa meningkat. "Dengan penyuluhan kepada para petani setiap jelang musim tanam membuat penyebaran teknologi lebih mudah di serap petani. Karena selama ini para petani di Desa Sukamekar dan Pacing cukup berhasil. Untuk itu perlu diberikan semangat agar tetap  meningkatkan hasil produktivitasnya," ujarnya.
Menurutnya, pihak PJT Tarum Tirta akan melakukan pengurangan debit air ke areal pesahawan teknis di Kecamatan Jatisari pada musim tanam kali ini. Dengan adanya pengurangan debit air dari irigasi Tarum Timur tak akan membawa masalah untuk memenuhi kebutuhan sawah teknis. "Sejak awal kita dari petugas PPL bersama Pembinaa Koramil Jatisari memberikan informasi bakal ada pengurangan debit air dari irigasi Tarum Timur," ujarnya.
Menurutnya, air yang ada masih bisa dimanfaatkan selama penggunaannya tidak berlebihan. Sebab pada dasarnya padi bukan tanaman yang harus selalu tergenang air. bahkan ada cara mensiasati penggunaan air agar lebih hemat yaitu menggunakan paralon. Sawah teknis di Dusun Jebug I Desa Sukamekar sekitar 60 hektar. Setiap musim tanam para petani sangat membutuhkan air untuk membajak sawah, pelarut reaksi kimia, serta untuk pertumbuhan tanaman. Tentunya dengan ada informasi akan ada pengurangan debit air harus sejak dini mereka tidak akan ribut soal air. "Ini kewajiban para petugas PPL dan UPTD Pertanian memberikan informasi sekecil apapun untuk para petani. Termasuk untuk kebutuhan air sawah teknis di Kecamatan Jatisari," ujarnya.
Sementara itu Pembina Bakri Baco menyampaikan petani di Desa Sukamekar dan Desa Pacing sudah terbiasa menanam bibit berkualitas seperti varietas Ciherang, Mekongga, Muncul dan jenis varietas Ketan. "Sangat berhasil para petani di Desa Pacing dan Sukamekar. Karena saya sebagai petugas Pembina AD Koramil Jatisari bersama PPL terus mendampingi para petani untuk meningkatkan produktivitasnya," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template