Ada Warga yang Tidak Disensus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ada Warga yang Tidak Disensus

Ada Warga yang Tidak Disensus

Written By Mang Raka on Kamis, 02 Juni 2016 | 18.41.00

KARAWANG, RAKA - Sensus Ekonomi 2016 menyisakan masalah. Ternyata, hingga tenggat waktu sensus berakhir, terdapat warga yang belum disensus. Ini misalnya, terdapat di Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan karawang Barat, serta di Kecamatan Jayakerta.
Ketua RT 05/15 Kelurahan Karangpawitan Nugrah Sudrajat mengatakan, hingga sensus ekonomi berakhir, warganya belum juga disensus oleh petugas sensus ekonomi. "Saya sempat marah kenapa warga yang ada di dua wilayah tidak disensus, tapi jawabannya tidak logis dari pihak petugas sensus," katanya.
Menurutnya, subtansi sensus ekonomi untuk mengetahui aktifitas masyarakat guna mendukung program pemerintah ke depan. "Makanya ada anggaran besar, pasti manfaat atau hasil sensus ekonomi ini ada tujuan dan maksud pemerintah. Tapi kenyataan di lapangan, justru petugas bekerja seolah tidak merata melakukan sensus ekonomi," ungkapnya.
Sebelumnya, Radar Karawang juga menerima keluhan dari masyarakat terkait kecurangan petugas sensus ekonomi di Kecamatan Jayakerta. Oknum petugas sensus ekonomi disinyalir ada yang tidak jujur bekerja sesuai tugasnya. "Saya tidak tahu siapa yang melakukan sensus ekonomi, tapi tiba-tiba ada stiker kalau rumah saya sudah disensus ekonomi. Bahkan sampai selesai sensus ekonomi rumah saya belum tersentuh petugas sensus," ujar warga Jayakerta yang tidak bersedia disebutkan identitasnya.
Dikatakannya, harusnya pencatatan hasil sensus ekonomi tersebut jadi data ontentik dan faktual. "Kirain akan ada evaluasi dan memeprbaiki kinerja, tapi ternyata tidak. Sampai jadwal sensus ekonomi berakhir," sesalnya.
Petugas sensus ekonomi di wilayah Kecamatan Jayakerta, Hengki Supena mengatakan, petugas harus terjun langsung dengan masyarakat dan memasukkan data sesuai petunjuk yang ada. "Kita harus menanyakan salah satunya ada usaha atau tidak, lalu dimasukkan pada lembar L1 jika ada usaha dan lembar L2 jika tidak ada. Jadi intinya, sensus ekonomi itu harus turun langsung dan ketemu orangnya," ungkapnya.
Bahkan jika pemilik rumah tidak ada, petugas wajib kembali pada waktu lain. Hal tersebut dilakukan guna mendapatkan data objektif dari pemilik rumah yang menjadi sasaran pendataan sensus ekonomi. "Meski sudah ditempel stiker, jika petugas belum bisa ketemu orang rumahnya, wajib untuk datang kembali. Karena tujuan sensus ekonomi ini mengetahui data masyarakat yang ada di setiap wilayah," jelasnya.
Sayangnya, saat hendak dimintai keterangannya terkait hal tersebut kemarin, Kepala BPS Karawang Annazri, sedang tidak diberada di kantornya. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template