5000 Nelayan Mendapat Asuransi Tenaga Kerja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 5000 Nelayan Mendapat Asuransi Tenaga Kerja

5000 Nelayan Mendapat Asuransi Tenaga Kerja

Written By Mang Raka on Selasa, 07 Juni 2016 | 12.00.00

KARAWANG,RAKA - Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Tenaga Kerja ditujukan untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan peserta BPJS bersangkutan. Masyarakat dari berbagai lapisan bisa menjadi peserta, tanpa terkecuali untuk profesi nelayan.

Terkait itu Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Karawang, tidak menyangkal jika ratusan nelayan saat ini sudah mendapat perlindungan asuransi dari kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). "Alhamdulillah di Karawang sendiri mendapatkan kuota untuk 5000 nelayan dalam BPJS Ketenagakerjaan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Karawang Hendro Subroto kepada wartawan, kemarin.
Hendro menambahkan, dalam BPJS Ketanagakerjaan tersebut, nelayan akan mendapatkan subsidi pembayaran premi yang ditanggung langsung oleh pemerintah pusat selama satu tahun. Sayangnya, ketika disinggung mengenai besaran asuransi yang dibackup pemerintah, Hendro tidak dapat menyebutkan angkanya. "Kita kurang tahu berapa anggaran pernelayannya yang akan diberikan oleh pemerintah pusat," katanya.
Kendati demikian Hendra menjelaskan mengenai lamanya waktu pembackupan yang dilakukan pemerintah untuk nelayana. Hendro mengatakan kemungkinan pembayaran akan diberikan selama satu tahun. Dikatakannya, nelayan yang ingin mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan tersebut harus memiliki KTP asli Karawang. Dari 5.000 nelayan yang dikuota kan oleh KKP, Hendro mengaku telah melakukan verifikasi sebanyak 4.000 nelayan. Sementara total nelayan di Karawang sebanyak 7.000, sisa kouta tersebut kemungkinan tahun depan. "Selama ini banyak juga nelayan yang menetap, tetapi berasal dari daerah lain," terangnya.
BPJS Ketenagakerjaan nelayan ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja  dan kesejahteraan para nelayan dalam bidang keselamatan kerja selama melaut. "Selama ini penghasilan nelayan di Karawang sangatlah minim, karena mereka hanya menggunakan perahu-perahu dengan ukuran kecil. Bahkan dalam hitungan hari hanya mendapatkan penghasil Rp 50 ribu per orangnya," tuturnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template