2 Jam Sehari Siswa SMAN 2 Telukjambe Timur Wajib Sanlat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 2 Jam Sehari Siswa SMAN 2 Telukjambe Timur Wajib Sanlat

2 Jam Sehari Siswa SMAN 2 Telukjambe Timur Wajib Sanlat

Written By Mang Raka on Senin, 13 Juni 2016 | 11.30.00

KARAWANG, RAKA - Mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan islami di bulan suci Ramadan, itulah yang terlihat pada ratusan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Telukjambe Timur. Hampir 2 jam dalam setiap harinya mereka dibekali dengan keilmuan agama lewat pesantren kilat (Sanlat) yang di selenggarakan di masjid sekolah.
Kepala SMAN 2 Telukjambe Timur, Drs Evi Taufik MPd menyampaikan, kegiatan pesantren kilat yang diikuti oleh seluruh siswa tersebut, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sekolah dalam setiap tahunnya. Dengan memberikan pemahaman tentang keagamaan lewat ceramah yang disampaikan langsung guru agama. Setidaknya mereka dapat mengetahui tentang agama yang telah dianut sejak lahir. Sehingga apa yang didapat siswa dalam kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi mereka. "Kegiatannya hanya ceramah aja dan setelah mereka mengerti, mereka langsung menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan membuat rangkuman tentang isi dari ceramah itu," katanya.
Menurutnya, kegiatan tentang keagamaan tersebut sangat perlu untuk para pelajar. Sebab, dengan melihat pergaulan anak muda zaman sekarang, terlihat masih kurang dalam hal keilmuan tentang keagamaan. Maraknya tawuran dan perilaku yang tidak pantas dilakukan oleh siswa merupakan minimnya pemahaman tentang agama. Maka bagi dia, ketika mereka dibekali dengan keilmuan tidak akan pernah terjadi hal negatif yang dilakukan oleh siswa. Oleh sebab itu, sekolah yang merupakan tempat belajar harus bisa memberikan yang terbaik bagib siswa didiknya. "Kita hanya bisa memberikan dan memfasilitasi mereka agar tidak terjerumus ke hal-hal yang buruk, dengan memberikan pemahaman keagamaan adalah kunci untuk menjawab semua permasalahan yang ada," ucapnya.
Tak hanya itu, kata dia, peran orangtua juga sangat penting dalam kehidupan siswa. Karena kegiatan siswa lebih banyak dilakukan di luar sekolah. "Ingat juga loh jam sekolah hanya beberapa jam saja dan selebihnya mereka diluar, dan itu adalah tugas orangtua makanya harus ada peran orangtua juga disana," tuturnya.
Sementara salah satu siswi yang hadir dalam kegiatan tersebut, Anisa Berliani oktaviani, kelas 10 4, mengaku sangat tertarik dengan kegiatan tersebut. Karena bagi perempuan yang memiliki wajah manis ini, banyak ilmu yang didapatkan dari kegiatan pesantren kilat. "Alhamdulilah aku selalu masuk dan banyak pelajaran juga yang kita dapat, daripada tiduran di rumah," ungkapnya sambil tersenyum.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template