Yasonna Janji Tindak Pekerja Asing Bodong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Yasonna Janji Tindak Pekerja Asing Bodong

Yasonna Janji Tindak Pekerja Asing Bodong

Written By Mang Raka on Rabu, 25 Mei 2016 | 17.30.00

KARAWANG, RAKA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumhan) Yasonna Laoly meminta semua lapisan masyarakat, mengawasi keberadaan orang asing di Kabupaten Karawang. Jika melihat atau mengetahui keberadaan mereka ilegal, segera laporkan. Karena saat ini Imigrasi Karawang sudah memiliki tim pengawasan orang asing.
Yasonna mengatakan keberadaan tenaga kerja asing harus diawasi. Bukan saja oleh Imigrasi, tapi seluruh masyarakat. Namun tetap memperlakukan mereka secara santun, sopan dan juga beradab, walaupun tenaga kerja asing itu ilegal. "Kita harus terus awasi keberadaan mereka, tapi tetap dengan norma ketimuran," ungkapnya di sela-sela mengunjungi Kantor Imigrasi Karawang, Selasa (24/5).
Kepala Imigrasi Karawang J Fanny S mengatakan, pengawasan termasuk melakukan pengecekan keberadaan orang asing boleh dilakukan Pemerintah Kabupaten Karawang. "Termasuk masyarakat juga boleh mengawasi keberadaan mereka (orang asing)," ungkapnya.
Menurutnya, langkah Pemkab Karawang mendata orang asing sudah tepat, asal berkordinasi dulu dengan Imigrasi. Meski pada prinsipnya, pengawasan orang asing bukan hanya ranah Imigrasi tapi masyarakat juga. "Kalau eksekusi baru Imigrasi yang menjalankannya," kata Fanny kepada Radar Karawang.
Ia melanjutkan, jika sebelumnya hanya enam bulan sekali menyisir orang asing di Karawang dan Purwakarta, kedepan pihaknya akan rutin melakukan pendataan. Karena saat ini sudah memiliki tim khusus untuk menangani orang asing. "Jika keberadaan orang asing tidak sesuai izin tinggal, kita deportasi mereka ke negara asalnya," ujarnya.
Selain mengawasi orang asing, kata Fanny, saat ini Imigrasi juga sudah memberikan layanan cepat untuk pembuatan paspor. "Bikin paspor hanya tiga jam," tandasnya. (dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template