Waspadai Uang Palsu Jelang Puasa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspadai Uang Palsu Jelang Puasa

Waspadai Uang Palsu Jelang Puasa

Written By Mang Raka on Jumat, 27 Mei 2016 | 12.00.00

SINDIKAT pengedar uang palsu disinyalir mulai merambah wilayah Telagasari dan sekitarnya jelang bulan puasa. Hal ini diketahui menyusul ditemukan uang palsu pecahan 50 ribuan yang didapat salah seorang pedagang di Dusun Dindangpalay, Desa Pasirmukti beberapa waktu lalu.
Sayangnya, uang palsu itu diterima dari salah satu konsumen yang tidak dikenali pada saat melakukan transaksi.
Kendati tidak sampai dilaporkan ke pihak yang berwajib, diungkapkan salah seorang pedagang Umo penemuan uang palsu tersebut diharapkan membuat masyarakat lebih waspada. “Penemuan uang palsu oleh pedagang beberapa waktu lalu ini harus membuat masyarakat lebih waspada lagi. Uang itu saya dapat saat ada orang yang tidak dikenal belanja ke warung saya, pada saat keadaan saya sedang repot,” ungkapnya.Disinyalir, sambung dia, meningkatnya aktifitas masyarakat di sektor perdagangan belakangan ini jelang bulan Ramadan dijadikan sasaran para pelaku kejahatan uang palsu.
Selain teliti menerima uang, lanjut dia, masyarakat diingatkan agar hati-hati setiap melakukan transaksi dengan orang tak dikenal atau mencurigakan. Pasalnya, selembar uang palsu yang beredar di masyarakat menyebabkan kerugian cukup besar. “Apalagi jika peredaran uang palsu lebih dari satu. Seharusnya para pedagang berhati-hati. Mereka bisa bikin kita merugi,” jelasnya.
Ia juga mengakui bahwa bentuk fisik uang tersebut amatlah mengecoh bagi mereka yang tidak mengetahui. "Uang palsu itu mirip asli, sehingga uang pecahan lima puluh ribuan palsu itu baru diketahui setelah transaksi dilakukan. Sepintas kita akan terkecoh," katanya.
Seperti diketahui, kata pedagang lainnya, Idin, peredaran uang palsu itu sering terjadi seiring peningkatan transaksi jual beli, disaat meningkatnya kebutuhan hidup masyarakat. Para pelaku sering kali memanfaatkan situasi. Pelaku juga cerdik dalam mengelabui para pedagang. "Bukan hanya satu kali atau dua kali saja ditemukan uang palsu seperti itu, yang saat ini kerap menyebar di Telagasari ini," ungkap dia. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template