Waspadai Angin Ribut Pancaroba - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspadai Angin Ribut Pancaroba

Waspadai Angin Ribut Pancaroba

Written By Mang Raka on Selasa, 17 Mei 2016 | 12.00.00

Memasuki pergantian musim kemarau ke musim hujan, masyarakat di wilayah utara Karawang diminta untuk siaga bencana, terutama angin ribut. Pasalnya, perubahan cuaca di 2016 umumnya disertai terjangan angin kencang dengan kekuatan di atas normal. Pernyataan itu pun diamini banyak pihak, untuk meminimalisir dampak korban akibat angin kencang, petugas Ciptakarya diminta segera melakukan penebangan ranting maupun pohon yang sudah tua dan rawan rubuh.
"Letak geografis sebagai besar wilayah kecamatan se Kabupaten Karawang memang diklaim rawan bencana angin puting beliung," ungkap Kades Sampalan, Jamaludin. Karena itu, jelas dia, memasuki musim penghujan banyak pihak harus merespon berbagai dampak pergantian musim yang akan dihadapi warga di wilayah pedesaan. Artinya, pemerintah desa akan memperketat komunikasi bersama instansi terkait melalui jajaran Pemerintah Kecamatan Kutawaluya. Dengan begitu,  warga di lingkungan rawan bencana alam sudah lebih siaga.
Hingga sepekan ke depan, ia juga akan turut serta membahas rencana antisipasi dampak pergatian musim. Salah satunya usulan penebangan ranting pepohon di beberapa titik jalan yang dinilai mengundang bahaya pada pengguna jalan. "Salah satunya, sasaran kegiatan antisipasi bencana pada pepohonan yang sudah berusia tua alias lapuk dan pohon yang sudah terlihat rawan rubuh," katanya. Dasar kegiatan tersebut akan segera digiatkan berdasarkan inisiatif dari pemerintah desa terhadap bencana alam dari terjangan angin ribut disertai hujan. "Angin ribut memang bisa membuat pohon pohon pelindung jalan, atau rantingnya roboh karena sudah lapuk," ungkapnya lagi. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template