Warga Waluya Ngebet Ingin Punya TPS Sendiri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Waluya Ngebet Ingin Punya TPS Sendiri

Warga Waluya Ngebet Ingin Punya TPS Sendiri

Written By Mang Raka on Selasa, 31 Mei 2016 | 13.00.00

KUTAWALUYA, RAKA - Warga Desa Waluya Kecamatan Kutawaluya masih membutuh Tempat Pembuangan Sementara (TPS) agar warga tak lagi buang sampah sembarangan.
Kaur Ekbang Desa Waluya Kecamatan Kutawaluya Sulaeman menuturkan warganya membutuhkan TPS karena selama ini mereka membuang sampah di sembarang tempat dan mengganggu. "Tiap hari ada saja yang buang sampah sembarangan di samping jalan, makanya semakin menumpuk," katanya kepada Radar Karawang, Senin (30/5).
Selain itu, menurut penuturannya, sebagian dari warga terpaksa membuat lubang untuk menampung sampah. Jika lubang sudah penuh, mereka segera menutupnya. "Tidak sedikit warga kami membuang sampah ke lubang yang mereka buat sendiri di belakang rumah maupun di halamannya. Ketika sudah penuh, lubang pertama ditimbun, dan kembali membuat lubang baru," terangnya.
Maka, guna memanfaatkan ruang pada lubang yang dibuat, warga lebih memilih membakar sampah untuk menekan volume sampah. Padahal, sampah plastik sulit terurai dalam waktu sebentar. Atau mereka menggunakan cara paling praktis, ya membuangnya di irigasi. "Satu-satunya jalan agar perilaku hidup sehat dalam kebersihan lingkungan tercapai, pendisiplinan awalnya dengan pengadaan TPS," jelasnya.
Kaur Umum Desa Waluya Ahmad Nursin mengatakan bahwa selama ini kebersihan terfokus pada saluran air persawahan. Mayoritas petani gotong royong sebulan sekali melakukan pembersihan. Adapun Jumat Bersih (Jumsih) cenderung tidak berlanjut sebab keempat dusunnya yakni Dusun Waluya, Pangasinan, Cikeris 1, dan Cikeris 2 kurang aktif. Terlebih respon masyrakat terhadap kegiatan tersebut pun kurang. "4 dusun kita kurang aktif dalam kegiatan Jumsih, apalagi masyarakatnya, perannya menjaga kebersihan sangat kurang" tandasnya. (cr3)

 
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template