Warga Terancam Abrasi Mau Direlokasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Terancam Abrasi Mau Direlokasi

Warga Terancam Abrasi Mau Direlokasi

Written By Mang Raka on Senin, 30 Mei 2016 | 14.00.00

-Pemkab Butuh Bantuan Pemerintah Pusat

CIBUAYA, RAKA - Pemerintah Kabupaten Karawang berencana segera merelokasi pemukiman yang terancam abrasi. Bencana alam yang sudah merenggut ratusan rumah dan menelantarkan ribuan orang ini perlu penanganan serius dan maksimal dari pemerintah daerah.
"Ya betul, memang ada rencana relokasi untuk warga pesisir yang terancam kena abrasi," kata Asip Suhendar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang.
Asip mengungkapkan, sebelum merelokasi pemerintah Kabupaten Karawang terus melakukan upaya untuk mencegah abrasi. Salah satunya membuat pemecah ombak di bibir pantai agar terjangan abrasi kian kecil. "Upaya memasang pemecah ombak dan penghijauan sudah kami lakukan di wilayah pesisir pantai," tandas dia.
Namun kata bekas Camat Kutawaluya ini, untuk menangani abrasi pemerintah Kabupaten Karawang sudah meminta bantuan pemerintah provinsi bahkan hingga pemerintah pusat. Mengingat, untuk melakukan perbaikan dan relokasi dibutuhkan anggaran yang sangat besar. "Menangani abrasi ini kita harus mengajukannya ke pemerintah pusat," tandas dia.
Mengenai sebaran dan titik abarasi, BPBD mengaku tidak mengetahui secara pasti mengingat data riilnya ada di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). "Mungkin Cilamaya Kulon dan Wetan yang paling parah," tukas dia. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template