Warga Taman Mekar Sedot Situ Cihamulu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Taman Mekar Sedot Situ Cihamulu

Warga Taman Mekar Sedot Situ Cihamulu

Written By Mang Raka on Senin, 23 Mei 2016 | 15.00.00

TEGALWARU,RAKA - Warga Kampung Cihamulu, Desa Taman Mekar, memanfaatkan Situ Cihamulu sebagai sumber air. Hal itu mereka lakukan sebagai antisipasi musim kemarau mendatang dengan cara memasang pipa-pipa yang menghubungkan langsung ke rumah warga.

Berdasarkan data yang dihimpin RAKA, Minggu (22/5), hampir 300 rumah warga di lingkungan Kampung Cihamulu memasang pipa sebagai penyalur air dari Situ Cihamulu ke rumah-rumah mereka. Selain antisipasi kemarau hal itu juga dilakukan karena akan memasuki bulan ramadan yang biasanya penggunaan air di bulan suci lebih besar dari bulan-bulan biasanya.
Seperti dikatakan Suganda (37), warga Kampung Blok Karsam Cihamulu Tonggoh, dirinya berharap saat musim kemarau warga tidak akan bermasalah lagi dan bisa mendapatkan air dengan nyaman hingga musim kemarau tiba. "Dengan swadaya pekerjaan bisa ringan dan bermanfaat sekali bagi warga sekitar dan saat ini sudah terpasang sekitar 30 rumah. Diharapkan kedepannya warga kami bisa aman saat kemarau datang selain ini juga sebagai persiapan menyambut ramadan," ucapnya.
Demikian juga Cuah (32), ibu rumah tangga setempat, warga memanfaatkan air sungai Situ Cihamulu dengan menggunakan mesin hisap yang dipasang beberapa mesin dan berjalan secara swadaya. "Sekarang warga disini merasa tidak perlu lagi mengkhawatirkan kekeringan. terutama saat ini, menghadapi puasa yang tingga dua minggu lagi, warga tidak takut kekurangan air. Kami berharap ke depannya pengelolaannya bisa dilakukan pemerintah agar bisa lebih baik lagi," ungkapnya.
Ketua Rukun warga Kampung Cihamulu, Karjaman (47), menegaskan pengelolaan air yang dilakukan secara berswadaya dengan masyarakat adalah hal yang sudah biasa dan sekarang tengah mengatur pola yang lebih baik lagi ke depannya. "Kualitas airnya sangat baik hanya pengelolaannya masih biasa saja yang bisa diselenggerakan dengan secepatnya agar bisa bermanfaat bagi warga. Hanya saja bila ke depannya pemerintah bisa menyiapkan skema pengaturan air secara profesional maka pengelolaan air bersih nya pun akan lebih baik," paparnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template