Warga Bantaran Irigasi Diminta Waspada - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Bantaran Irigasi Diminta Waspada

Warga Bantaran Irigasi Diminta Waspada

Written By Mang Raka on Jumat, 27 Mei 2016 | 13.00.00

TINGGINYA curah hujan yang dalam sepekan terakhir, berdampak pada peningkatan debit air saluran irigasi di sejumlah tempat. Kendati aliran airnya diatur, tak menutup kemungkinan jika debit air terlalu tinggi, pintu-pintu air akan dibuka lebar-lebar sehingga menyebabkan saluran irigasi meluap. Selain membahayakan jiwa, luapan tersebut juga berpotensi menyebabkan penyakit.
Dikhawatirkan, ketinggian air terus terjadi yang berakibat meluapnya air sungai. Untuk itu warga yang bermukim di bantaran sungai diminta waspada dan siaga menghadapi banjir. Kata Carim, Ketua RT 01 Dusun Kertasari Desa Balonggandu yang kebetulan dialiri saluran irigasi. “Warga pesisir sungai hendaknya lebih tanggap lingkungan, mempersiapkan diri menghadapi berbagai kemungkinan yang bisa muncul akibat curah hujan yang tinggi,” jelasnya.
Ia mengungkapkan, banjir merupakan bencana alam yang sulit diprediksi. Meskipun pemerintah telah membangun sejumlah sarana untuk menanggulangi, seperti pembuatan siring, bronjong hingga pembersihan badan sungai, namun tidak ada salahnya warga bersikap waspada. Sikap tersebut, dilakukan melalui upaya memindahkan perabotan elektronik seperti televisi, kulkas dan lainnya ke tempat yang lebih tinggi. Sehingga ketika air meluap, peralatan rumah tangga bisa terhindar dari kerusakan. “Karena kalau tidak disiapkan sejak awal, yang merugi warga sendiri. Ini harus kita waspadai  jauh hari,” katanya melanjutkan.
Selain kerugian materi, banjir juga bisa menyebabkan mewabahnya penyakit. Penyakit muntaber dan gatal-gatal kerap mengiringi saat luapan air semakin tinggi. Untuk itu, warga diminta menjaga kebersihan lingkungan baik sebelum maupun pascabanjir. Selain itu, warga diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Warga juga diharapkan proaktif menjaga kebersihan sungai dan aktif membersihkan badan sungai. Yang terpenting  tidak membuang sampah di sungai. Sebab sampah merupakan tempat perkembangbiakan penyakit, dan kontaminasinya cukup cepat apabila melalui media air,” himbaunya. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template