Urus EKTP Sendiri Lebih Hemat Biaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Urus EKTP Sendiri Lebih Hemat Biaya

Urus EKTP Sendiri Lebih Hemat Biaya

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Mei 2016 | 14.30.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Warga Rengasdengklok hingga saat ini masih kesulitan membuat EKTP. Mereka lebih memilih menggunakan jasa pegawai pemerintah kecamatan untuk mempermudah pengurusan EKTP di Disdukcatpil Karawang.
Kasi Kependudukan Rengasdengklok Eti Setiasih mengungkapkan kepada Radar Karawang bahwa sebenarnya peserta harus mengikuti prosedur registrasi yakni, pengisian formulir F-1.07, dan sudah diverifikasi RT, dan kepala desa. Selanjutnya, Kasi Kependudukan mendaftarkannya ke Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). "Diproses selama 14 hari," ucap dia kepada Radar Karawang, Senin (2/5).
Proses ini kata dia, harus dijalankan peserta secara mandiri agar tidak ada pemungutan biaya apapun. Mengenai adanya oknum yang menjadi calo EKTP, Eti menepis penilaian itu. Ia berdalih, peserta pada umumnya terkendala karena ketidakmengertian prosesnya pengurusan EKTP. Sehingga mereka lebih memilih menggunakan jasa oknum pegawai kecamatan untuk membantu pengurusan. Karena menggunakan jasa, mau tak mau warga harus memberikan uang kepada pembuka jasa oknum pegawai tersebut. "Buat E-KTP itu sudah mudah, dan tidak dipungut biaya apapun," katanya dia menjelaskan.
Adapun faktor yang mempengaruhi pembaharuan E-KTP seperti perubahan status peserta karena menikah, pindah rumah, Blanko E-KTP rusak, dan khusus untuk kehilangan, warga harus menambahkan lampiran surat kehilangan yang dikeluarkan kepolisisan sebagai keterangan. Sebagai pemegang resmi, E-KTP diharuskan ada aktivasi dahulu melalui operator pelayanan aktivasi di tiap kecamatan. "Selain aktivasi, sebelumnya akan ada perekaman untuk pendataan," kata operataor layanan aktivasi E-KTP Rengasdengklok, Andri.
Aku dia, setelah diaktiviasi EKTP ini kelak menjadi identitas diri tingkat nasional. E-KTP dapat mempermudah pelayanan banyak hal seperti pembukaan rekening Bank, pengurusan izin, serta meminimalisir resiko penggandaan identitas dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Beda dengan pemula, bagi yang sudah memiliki sebelumnya, dan akan membaharui, cukup dengan menambahkan E-KTP yag lama, dan formulir pendaftaran. (cr3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template