UPTD Pertanian Dilangkahi Penjual Obat Padi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » UPTD Pertanian Dilangkahi Penjual Obat Padi

UPTD Pertanian Dilangkahi Penjual Obat Padi

Written By Mang Raka on Kamis, 19 Mei 2016 | 14.30.00

JATISARI, RAKA - Merasa dicueki oleh demplot penjual obat-obatan pertanian, Kepala UPTD Pertanian Jatisari Targono geram. Ia menyebut demplot tersebut seenaknya berjualan, tanpa melakukan pemberitahuan terlebih dulu.
"Mereka bebas masuk ke Jatisari. Tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu ke kami," ujar Targono kepada Radar Karawang, Selasa (17/5).
Dia menyampaikan, seharusnya perusahaan swasta tersebut memiliki etika ketimuran. Saat masuk ke suatu wilayah mengucapkan salam terlebih dahulu, agar tidak menjadi persoalan di internal pemerintahan. Minimal pihaknya bisa melakukan pengawasan dan perkiraan target produksi padi yang harus dicapai di Jatisari. Meski sawahnya milik masyarakat pribadi, dan perusahaannya juga perusahaan swasta, tetapi bukan berarti bebas seenaknya melakukan uji coba. "Kami sedang kencar-gencarnya mendorong peningkatan hasil panen padi. Jadi apapun harus tahu. Agar bisa diperkirakan hasilnya. Minimal bisa sampai target yang ditetapkan," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, di wilayah kecamatan masing-masing, terdapat para penyuluh pertanian. Mereka bertugas mengawal para petani mulai dari nol sampai sampai panen. Pergerakan apapun yang berkaitan dengan pertanian, para penyuluh harus mengetahui. "Karena kalau sampai tidak sesuai target. Kami yang akan disalahkan. Dan kami yang harus bertanggung jawab dari padi yang dihasilkan," ujarnya.
Dia juga meminta kepada para petani, saat ada perusahaan tertentu yang menawarkan produk dan meminta sawahnya untuk dijadikan demplot, agar melakukan komunikasi dan kordinasi dengan para PPL. Sehingga saat kerjasamanya berjalan, para PPL bahkan termasuk Kepala UPTD Pertanian tidak disalahkan. "Harus ada koordinasi. Termasuk para petaninya juga. Sekarang kamikan sedang menargetkan untuk terus swasmbada pangan," pingkasnya.
Seperti diketahui, saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan peningkatan produksi padi. Sehingga UPTD Pertanian selaku orang pemerintahan yang memiliki kewenangan di wilayah tersebut, harus mengetahui secara detail perkembangan pertaniannya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template