Tumpukan Sampah Irigasi Jarang Diangkut - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tumpukan Sampah Irigasi Jarang Diangkut

Tumpukan Sampah Irigasi Jarang Diangkut

Written By Mang Raka on Selasa, 17 Mei 2016 | 14.30.00

BATUJAYA, RAKA – Imbas luapan air, ternyata berdampak pada jumlah volume sampah di irigasi. Buktinya di salah satu jembatan di Dusun Rengai RT 01/01 Desa Karyabakti Kecamatan Batujaya, terdapat tumpukan sampah yang dibiarkan teronggok begitu saja.
Amsat (30) salah satu warga setempat misalnya mengaku tidak enak melihat tumpukan sampah tersebut dibiarkan di pinggiran irigasi. “Gak enak juga dipandangnya, tapi masyarakatnya diam aja tidak mau berbenah,” akunya.
Padahal jika tumpukan sampah dibiarkan, menurut dia, rentan menimbulkan wabah penyakit. Belum lagi mayoritas warga menjadikan irigasi sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari-hari. “Padahal mah buat merka sendiri juga. Mandi disitu , cuci baju disitu, kalau airnya tercemar ya penyakit juga mudah datang,” ucapnya.
Sementara menanggapi hal tersebut Edi, Promkes Puskesama Batujaya menyampaikan bahwa keadaan ini bukan saja tidak baik untuk kesehatan. Akan tetapi sama halnya dengan membiarkan lingkungan tercemar. Imbasnya tentu saja berakibat fatal dan bahaya bagi lingkungan. “Memang susah jika masyarakat sendiri kurang sadar akan kebersihan dan menjaga lingkungannya. Maka dari itu, perlu tindakan nyata agar mereka bisa peka melihat sampah yang menumpuk ini. Walaupun sepele dampaknya besar," jelas dia.
Di musim penghujan ini, ia berharap agar tak ada warga yang terjangkit penyakit karena lingkungan yang jorok. “Kita berharap tidak ada penyakit Batujaya. Maka dari itu perilaku hidup bersih harus terus digalakan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya. (fah)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template