Traktor Bantuan Dinas Pertanian tak Layak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Traktor Bantuan Dinas Pertanian tak Layak

Traktor Bantuan Dinas Pertanian tak Layak

Written By Mang Raka on Kamis, 12 Mei 2016 | 14.30.00

-Hanya Cocok Dipakai di Pegunungan

CILAMAYA WETAN, RAKA- Bantuan traktor yang digulirkan Dinas Pertanian dan bantuan Bupati Karawang rupanya dipertanyakan kualitasnya. Dari sisi kelayakan terhadap tanah darat di Karawang, kekuatan mesin, body dan roda apung belum tentu bisa digunakan para petani di Karawang.
Mantan Ketua Gapoktan Sri Gebang Jaya Rawegempol Wetan D Suparta mengatakan pengalaman yang sudah-sudah ia menyayangkan kualitas traktor hasil bantuan pemerintah yang kurang sesuai dengan tekstur tanah sawah di Karawang.
Karena harusnya, traktor di Karawang memiliki roda apung lebih dari 1 meter dengan mesin 8,5 PK. Jika kekuatan mesinnya lebih dari itu akan rembes ke tanah. Karenanya, ia harapkan pemerintah tidak asal memberi traktor jika pada ujungnya tidak sesuai dengan lahan di Karawang. "Jangan asal traktor aja harus sesuai kualitasnya dengan tanah sawah di sini," tandas dia.
Kadang-kadang terus Suparta, roda apung dari traktor pemberian pemerintah ukurannya kurang dari 1 meter. Persoalannya tambah Suparta, jika pemerintah memberikan traktor kurang dari 1 meter roda apungnya serta kekuatan mesin yang kurang dari kualitas kubota, ini akan rembes ke tanah.
Ia melihat, bantuan-bantuan traktor kemarin hanya cocok digunakan di wilayah pegunungan. Untuk itu, sisi kecocokan  harus disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan Karawang. Dirinya berharap pemerintah dan Dinas Pertanian bisa memperhatikan kualitas traktor agar bisa tahan lama digunakan masyarakat tani saat mengolah tanah. Produk, terus Suparta, boleh saja bermerek, tetapi sisi kesesuaiannya ini yang harus diperhatikan. Apakah yang sekarang dibagikan itu layak pakai atau tidak? Persoalannya, tanah darat di Karawang ini kualitas traktornya jangan asal. "Merek boleh saja bagus, karena setiap produk memiliki keunggulan masing-masing, tapi sisi kelayakannya harus diuji coba," saran dia. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. lebih baik jangan ada bantuan seperti itu ... kita lihat yg sudah pada kamarana itu traktor

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template