TPS Liar Bojong Karya Beroperasi Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » TPS Liar Bojong Karya Beroperasi Lagi

TPS Liar Bojong Karya Beroperasi Lagi

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Mei 2016 | 13.30.00

RENGASENGKLOK, RAKA - Baru satu bulan dibersihkan, lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) liar di Dusun Bojongkarya RT 07/02 Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok sudah menumpuk lagi. Padahal sebelumnya Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Cipta Karya Rengasdengklok sudah melakukan pengangkutan di wilyah itu.
Koordinator Kebersihan UPTD Cipta Karya Dengklok H Isep Mukmin Amin mengatakan, kejadian tersebut sudah tidak aneh lagi karena menurutnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan masih minim. Seharusnya, peran masyarakat sangat perlu, jangan hanya mengandalkan kepada para petugas kebersihan karena semua yang menjadi pelakunya masyarakat itu sendiri. "Bagi saya sudah tidak aneh lagi karena mengingat kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya masih rendah, padahal buat mereka sendiri," katanya.
Dia menjelaskan, sekitar beberapa bulan kebelakang kondisinya sudah bersih karena sampah sudah diangkut. Walaupun bukan wilayah yang harus dibersihkannya, namun untuk setiap permaslahan sampah selalu dikaitkan terhadap kinerja petugas Dinas Cipta Karya. Padahal, lokasi yang kerap dijadikan tempat pembuangan sampah bukan hanya digarap oleh kedinasan, namun ada wilayah yang harus dikerjakan oleh desa. "Seharusnya seperti lokasi yang di belakang pabrik es itu, bukan wilayah kami, tapi tetap saja masyarakat selalu meminta untuk mebersihkan. Bahkan ada saja saja yang menyalahkan bahwa kami sama sekali tidak peka terhadap permasalahan sampah, upaya yang dilakukan kami kurang apa coba? Walaupun bukan wilayah kami tetap selalu bersihkan," ungkapnya.
Selain itu, di jalan sepanjang Pasar Rengasdengklok juga rutin dilakukan pengangkutan sampah karena sudah jelas wilyah dan bagian dari tugasnya. Meski permaslahan sampah tidak ada hentinya, namun dia bersama para petugas lainnya tetap selalu memberikan pengertian kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat.
"Kami selalu sampaikan itu jika ada kesempatan saat bertugas maupun tidak, karena untuk Rengasdengklok kesadaran masyarakat untuk kebersihan itu masih rendah. Lihat saja, bukan hanya satu dua titik saja tanah luas yang kosong yang mereka jaadikan tempat pembuangan sampah, kan banyak ada yang di dalam pemukiman rumah warga seperti di belakang pasar Dusun Warudoyong dan banyak lagi," katanya.
Sementara Kepala Desa Rengasdengklok Selatan Darim mengatakan, pihaknya sebenarnya tidak tinggal diam untuk mengingatkan warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarang. Karena bukan hanya membuat penyakit, tapi bahaya juga bagi mereka yang melintas ke wilayah tersebut. "Saya sudah lakukan berbagai himbauan dan peringatan kepada setiap warga untuk jangan membuang sampah sembarangan," pungkasnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template